Sukses

Parenting

Perubahan Hormon Saat Hamil Meningkatkan Risiko Kulit Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Bagi setiap perempuan, momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan. Momen kehamilan juga sangat dinantikan oleh pasangan yang telah menikah. Ada banyak hal menarik yang terjadi saat hamil. Ada juga banyak hal yang cukup mengganggu selama kehamilan salah satunya kulit berjerawat saat hamil.

Melansir dari laman parents.com, kulit berjerawat saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Beberapa hal menjadi penyebab kenapa kulit rentan berjerawat saat hamil. Salah satu penyebabnya adalah perubahan hormon.

Perubahan Hormon Menyebabkan Jerawat

Perubahan kadar hormon androgen khususnya progesteron memengaruhi sebagian besar sistem tubuh. Perubahan hormon ini juga memengaruhi sirkulasi cairan dalam tubuh yang berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan dan kecantikan kulit.

Karena perubahan hormon, beberapa ibu hamil akan memiliki kulit yang cerah, terawat dan halus. Tapi, tidak sedikit ibu hamil yang berjerawat dengan adanya perubahan hormon tersebut.

Selama kehamilan, terjadi peningkatan kelenjar sebaceous yang bertugas memproduksi minyak atau sebum pada wajah. Akibat produksi ini, kulit ibu hamil lebih rentan terhadap jerawat, flek hitam hingga stretch mark. Namun, kondisi ini akan membaik dengan bertambahnya usia kehamilan hingga persalinan.

Untuk mengatasi masalah jerawat yang muncul selama kehamilan, Mom harus lebih sabar dan tenang. Hindari stres, konsumsi junk food dan makanan yang bisa menyebabkan jerawat. Perbanyak kondumsi sayur, buah dan cukupi asupan cairan selama kehamilan untuk mencegah pun mengatasi masalah jerawat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Apakah Kehamilan Kembar Selalu Terjadi karena Keturunan?
Artikel Selanjutnya
Memahami 3 Cara Induksi Persalinan: Obat-obatan, Mekanik, dan Alami