Sukses

Parenting

Perubahan Ukuran Rahim Saat Hamil Bisa Menyebabkan Kram Perut

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Ada banyak perubahan yang dialami perempuan saat hamil. Perubahan itu bisa berupa perubahan pada fisik maupun psikis.

Melansir dari laman parents.com, perubahan paling umum yang terjadi saat hamil adalah perubahan ukuran rahim saat hamil. Adanya perubahan ini bisa menyebabkan beberapa masalah atau gangguan pada kehamilan yang membuat ibu hamil merasa sangat tidak nyaman.

Ada dua tipe perempuan yang sedang hamil. Pertama adalah mereka yang tidak pernah merasakan gangguan pada kehamilannya. Kedua adalah perempuan yang sering merasa terganggu dan tidak nyaman selama hamil. Ketidaknyamanan ini bisa saja terjadi karena kram perut, mual, pusing dan beberapa hal lainnya.

Penyebab Kram Perut Saat Hamil

Hampir semua perempuan hamil pernah merasa kram perut. Ini merupakan kondisi normal dan tidak perlu dikhawatirkan berlebihan Sahabat Fimela. Selama kram perut yang dialami tidak berlebihan, ini masih dalam kategori aman.

Para ahli menyebutkan jika kram perut selama hamil bisa disebabkan oleh banyak hal. Hal tersebut mulai dari perubahan ukuran rahim, perkembangan janin di kandungan, adanya banyak gas dalam perut, tekanan yang kuat pada otot, sendi dan pembuluh darah dalam tubuh serta adanya perubahan posisi rahim.

Seiring bertambahnya usia janin, ukuran rahim dan perut juga akan semakin besar. Usia kandungan yang semakin tua juga memungkinkan posisi rahim berpindah posisi dari kanan ke kiri atau dari kiri ke kanan. Inilah yang kemudian menyebabkan rasa tidak nyaman di perut bahkan rasa kram seperti saat menjelang menstruasi. Selain pengaruh perubahan rahim, penelitian menyebutkan jika kram perut selama kehamilan juga bisa disebabkan oleh aktivitas hubungan intim yang terlalu keras atau ekstrem.

Untuk mengurangi risiko kram perut selama kehamilan, pastikan untuk memiliki waktu istirahat cukup, penuhui kebutuhan nutrisi kehamilan sebaik mungkin, miliki olaharga kehamilan cukup demi membuat tubuh lebih rileks dan mengesankan. Jangan lupa untuk mengonsultasikan kehamilan secara rutin ke bidan atau dokter ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading