Sukses

Parenting

Wisata Sambil Belajar di Saung Sarongge Cianjur

Fimela.com, Jakarta Saung Sarongge merupakan desa wisata dan edukasi di daerah Kawasan Kaki Gunung Gede, Cianjur, Jawa Barat. Kawasan ini sudah dibuka untuk umum sejak 2013.

Di Saung Sarongge, pengunjung akan disediakan tempat untuk rekreasi dan juga edukasi mengenai pedesaan, seperti pertanian organik, peternakan serta workshop produk UKM dari ibu-ibu desa Sarongge itu sendiri.

"Iya ini terbuka luas untuk masyarakat yang ingin berwisata di Saung Sarongge, desa wisata edukasi ini untuk umun siapa saja yang ingin belajar dapat datang kemari," jelas Deni Mulyana, salah satu pengurus Saung Sarongge ditemui di Saung Sarongge, Cianjur, Kamis (8/10/2019).

Tujuan Dibukanya Desa Sarongge

Penggelola berharap dengan dibukanya desa Sarongge ini pengunjung tak hanya bisa merasakan sensasi liburan semata, namun juga ada ilmu yang bisa didapatkan.

"Tujuannya agar tamu mengerti dari mana mereka makan, apa yang mereka dapat di kota itu hasil kami dari sini. Bagaimana para petani itu ternyata susah, tidak mudah menanam makanan. Agar para pengunjung menghargai proses, menghargai profesi," jelas Wiwiek salah satu pengurus Saung Sarongge saat ditemui di acara Media Trip Permata Bank, Perempuan Penggiat Ekonomi, di Cianjur, Jawa Barat.

Ada beberapa wisata penginapan yang ditawarkan pengelola dari Desa Sarongge, yaitu wisata Kampung dan wisata home stay.

"Kalau wisata kampung, menginapnya di Saung Sarongge ini atau di homestay, di rumah penduduk. Konsepnya live in, kalau di sini kegiatannya seperti pertanian, workshop membuat sabun, dan belajar membuat kerajinan," kata Wiwiek.

Makanan dan Wisata Hutan

Tak usah takut lapar, penggelola menyediakan makanan untuk para tamu. Bahkan para wisatawan bisa memesan makanan dengan suasana liwetan atau makan di atas daun pisang yang memanjang atau biasa saja.

Setiap Makanan yang disajikan sangat nikmat, ditambah lagi sayuran yang disediakan langsung dari perkebunan organik mereka yang pastinya membuat rasanya terasa lebih segar.

Tak hanya ada dua penginapan yang ditawarkan Desa Sarongge, namun ada juga Wisata Hutan, di mana para pengunjung dapat menikmati suasana kaki Gunung Gede dan lebih dekat dengan alam.

Wisata edukasi Saung Sarongge menawarkan beberapa paket, seperti paket wisata keluarga dengan harga mulai Rp 160.000 per orang hingga Rp 385.000 per orang. Selain itu, tersedia juga paket karya wisata dengan biaya Rp 90.000 per orang hingga Rp 100.000 per orang, serta paket trekking 2 hari 1 malam dengan harga Rp 100.000 per orang.

Dalam paket-paket tersebut sudah terdapat berbagai macam kegiatan seperti workshop, mengenai perkebunan organik dan lain sebagainya, berjalan-jalan di kebun teh, mendapat suvenir dari produk lokal hasil tangan ibu-ibu Sarongge dan makan serta camilan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading