Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Mencegah Bullying di Era Modern, Ajarkan Anak Mencintai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Bullying mungkin menjadi hal yang tak diinginkan setiap orangtua terjadi pada anaknya. Orangtua tak mau anaknya menjadi pem-bully ataupun di-bully. Untuk menghindari bullying, orangtua memegang peran penting dalam membentuk kepribadian anak.

Salah satu cara mencegah bullying adalah mengajarkan anak mencintai dirinya sendiri lebih dulu. Mencintai diri sendiri merupakan faktor penting jika ingin mengatasi bullying karena dengan mencintai diri sendiri, anak tidak akan menjadi pem-bully dan tidak akan membiarkan dirinya di-bully.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality menunjukkan bahwa belajar mencintai diri sendiri (self-love) akan membuat anak lebih percaya diri dan meningkatkan rasa menghargai diri sendiri (self-esteem). Anak yang memiliki self-esteem dan self-love tinggi secara alami akan tampak superior.

Anak yang Mencintai Diri Sendiri Tak Mudah Di-Bully

Anak yang tahu bahwa dirinya berharga dan percaya diri tak akan mudah menerima tekanan dari luar. Jika temannya mencoba menindasnya, ia tak akan mudah terintimidasi. Sikap percaya diri anak justru akan membuat pem-bully merasa minder.

Tapi tentu saja, untuk mengajarkan anak self-love, orangtua juga harus menjadi contoh yang benar lebih dulu. Memberikan pengertian bullying saja tak akan cukup. Anak juga perlu dibekali cara mempertahan diri dan berani, Moms. Pastikan juga anak selalu bercerita apa yang ia alami di sekolah untuk mengetahui apa yang terjadi padanya.

Fimela ingin mengajakmu untuk lebih inspiratif dan positif dengan mengikuti berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Aktivitas Bermain Anak Tetap Seru Walau Hujan
Artikel Selanjutnya
Perhatikan Mom, Ini 4 Tanda Bayi Tidak Memiliki Waktu Tidur Cukup