Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Cara Ortu Cegah Anak Body Shaming Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Sama seperti mendidik anak tentang hal lainnya, orangtua harus memberi pemahaman yang tepat mengenai body shaming sejak dini. Mulailah berbicara tentang tubuh dengan anak.

Membangun citra tubuh yang positif harus dilakukan sejak awal untuk mencegah terjadinya body shaming di kemudian hari. Ajarkan anak untuk melihat diri mereka sendiri lewat padangan yang baik.

Hal-hal yang dilakukan oleh orangtua kepada anaknya terkadang tidak ditangkap dengan maksud yang baik, seperti memaksa anak untuk melakukan olahraga atau mengonsumsi makanan sehat.

Jika salah menangkap maksud dari semua hal tersebut, anak justru akan melihat diri mereka sendiri dengan citra yang buruk. Dari sinilah body shaming biasanya dimulai, seperti dilansir dari yourtango.com, Kamis (31/10/2019).

 

 

Jangan pernah mengomentari keadaan tubuh anak

Langkah pertama adalah jangan pernah bicara tentang tubuh anak, kecuali jika kamu ingin mengajari cara kerjanya. Jangan katakan apapun tentang berat badannya, baik berat badannya sedang naik atau turun sekalipun.

Lebih baik lagi jika kamu memberi pujian di luar kondisi tubuh anak, seperti "Kamu terlihat sehat, bugar, dan kuat." Cara ini akan mengajari anak tentang berbuat baik kepada diri sendiri dan orang lain.

Bahkan sebagai orangtua jangan mengajari anak tentang diet. Belilah makanan sehat, masak makanan sehat, dan konsumsi makanan sehat, namun jangan pernah mengatakan kepada anak bahwa kamu sedang diet.

Dorong anak untuk mengeksplorasi hal-hal baru

Dorong anak untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti olahraga, mendaki gunung, berselancar, panjat tebing, atau bersepeda. Hal- hal yang akan membuat anak mengeksplorasi perasaan mereka, mengurangi tingkat stres, dan merasa lebih percaya diri.

Ingatkan anak bahwa hal terbaik yang dapat mereka lakukan dengan tubuh mereka adalah menggunakannya untuk memobilisasi jiwa mereka. Ingin tahu lebih banyak hal terkait body shaming?

Jangan lewatkan talkshow “Jangan Lagi Anggap Wajar Body Shaming” bersama Wenny Dewanti & Tara de Thouars di Gandaria City pada hari Minggu (17/11/2019). Daftarkan dirimu sekarang juga di sini dan dapatkan kesempatan menghadiri Fimela Fest 2019!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: 5 Tips Menghadapi Body Shaming untuk Remaja
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: Sakit, Selena Gomez Sempat Jadi Korban Body Shaming