Sukses

Parenting

Bahaya Air Ketuban Merembes Tanpa Kontraksi pada Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Di momen ini, setiap perempuan juga harus lebih hati-hati dan waspada agar kehamilannya tetap baik-baik saja. Ada banyak masalah yang harus diwaspadai selama kehamilan. Salah satu masalah tersebut adalah merembesnya air ketuban tanpa adanya tanda-tanda kontraksi.

Melansir dari laman Liputan6.com, jika ibu hamil mengalami air ketuban merembes tanpa dibarengi dengan kontraksi kehamilan, ibu hamil harus sangat waspada. Penting bagi setiap ibu hamil untuk mengetahui tanda air ketuban merembes tanpa kontraksi di kehamilan agar berbagai risiko berbahaya bisa dicegah. Para ahli mengungkapkan jika air ketuban merembes sebelum kontraksi bisa sangat berbahaya buat kehamilan.

Bahaya Air Ketuban Merembes Tanpa Kontraksi

Ketika kondisi air ketuban merembes dibiarkan saja atau tidak disadari, ini bisa mengakibatkan air ketuban di kandungan berkurang. Saat air ketuban berkurang, tentunya sangat berbahaya buat tumbuh kembang janin di kandungan.

Air ketuban yang merembes tanpa kontraksi di kehamilan trimester ketiga bisa menyebabkan ibu kesulitan selama proses persalinan. Berkurangnya air ketuban di kandungan membuat rasa sakit selama proses persalinan terutama persalinan normal akan berkali-kali lipat.

Pecahnya air ketuban juga bisa meningkatkan risiko janin lahir dini atau prematur. Beberapa penelitian menemukan jika air ketuban yang merembes sebelum waktunya juga menandakan adanya sesuatu yang tidak beres pada kandunganmu, tanda adanya infeksi pada ketuban, tanda adanya gangguan pada janin di kandungan dan beragam masalah serius lainnya.

Jika Mom mengalami air ketuban merembes atau pecah sebelum waktunya, segera periksakan diri ke bidan atau dokter ahlinya. Memeriksakan diri akan memudahkan ahlinya melakukan penanganan terbaik untuk kehamilanmu hingga proses persalinannya.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading