Sukses

Parenting

5 Penyebab Sahabat Fimela Susah Tidur Saat Hamil Muda

ringkasan

  • Peningkatkan Hormon Progesteron
  • Punggung dan Pinggang Sakit
  • Sering Buang Air Kecil

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Saat hamil, ada banyak hal yang dialami oleh Mom. Hal tersebut mulai dari hal yang sangat menyenangkan hingga hal yang bikin lelah. Salah satu hal yang bikin lelah adalah ketika Mom susah tidur saat malam.

Susah tidur saat malam adalah hal yang cukup wajar dialami oleh ibu hamil. Meski wajar, ini ternyata sangat mengganggu. Susah tidur juga bisa berdampak buruk buat kesehatan Mom maupun tumbuh kembang janin di kandungan.

Mengenai susah tidur saat hamil khususnya saat hamil muda, melansir dari laman alodokter.com, ada beberapa penyebabnya. Berikut penyebab susah tidur saat hamil muda.

Penyebab Susah Tidur Saat Hamil Muda

Rasa Mual dan Muntah

Hampir semua perempuan hamil akan merasa mual dan muntah di kehamilan mudanya. Rasa mual inilah yang kemudian bisa mengganggu kualitas tidur. Mual yang berlebih sepanjang hari akan membuat ibu hamil susah tidur.

Sering Buang Air Kecil

Penyebab susah tidur buat ibu hamil muda selanjutnya adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat. Ibu hamil akan mengalami perubahan hormon progesteron di mana perubahan ini bisa berpengaruh pada kelenturan otot dinding organ berkemih yang membuat frekuensi buang air kecil meningkat.

Peningkatkan Hormon Progesteron

Melansir dari laman babycenter.com, perubahan hormon progesteron atau meningkatnya hormon ini berpengaruh besar terhadap kualitas tidur ibu hamil. Peningkatan hormon ini tidak jarang membuat ibu hamil sering terbangun saat malam, tiba-tiba merasa cemas dan khawatir, lebih sering ingin pipis dan sering haus.

Perubahan Fisik

Susah tidur saat hamil juga disebabkan oleh perubahan fisik. Ukuran perut yang membesar, ukuran payudara yang membesar dan lebih sensitif juga hal lainnya membuat ibu susah tidur saat malam. Perubagan fisik tidak jarang membuat ibu hamil merasa cemas berlebih sehingga kualitas tidurnya terganggu.

Punggung dan Pinggang Sakit

Beberapa ibu hamil merasa punggung dan pinggangnya sakit saat hamil. Rasa sakit dan tidak nyaman inilah yang mendorongnya susah tidur di malam hari maupun siang hari.

Itulah beberapa penyebab susah tidur pada ibu yang hamil muda. Semoga informasi ini bermanfaat. Agar selama hamil kualitas tidur tetap mengesankan, pastikan untuk tetap tenang dan hindari stres. Pastikan untuk memiliki tempat tidur dan kamar tidur serta lingkungan yang membatmu nyaman.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Apakah Kehamilan Kembar Selalu Terjadi karena Keturunan?
Artikel Selanjutnya
Memahami 3 Cara Induksi Persalinan: Obat-obatan, Mekanik, dan Alami