Sukses

Parenting

Fimela Fest 2019: Tekanan Meghan Markle dan Para Ibu Baru Abad ke-21

Fimela.com, Jakarta Meghan Markle bukan satu-satunya ibu baru yang berada di bawah tekanan untuk menjadi sosok ideal "good mother". "Ibu yang baik" pada abad ke-21 pada dasarnya adalah memiliki banyak waktu dan terikat pada anak setiap saat seperti melansir dari harpersbazaar.com.

Duchess of Sussex, Meghan Markle terlihat menahan air mata saat diwawancara ITV News tentang media yang terus mengkritisinya saat hamil, melahirkan, dan menjadi ibu baru.

"Semua perempuan terutama saat hamil menjadi sangat rentan namun hal itu yang menantang. Dan saat kamu memiliki bayi yang baru lahir, kamu tahu, terutama bagi perempuan sangat memberi tekanan. Kamu hanya mencoba menjadi ibu baru atau mencoba menjadi pengantin baru," ujar Meghan Markle dengan mata berkaca-kaca menahan tangisnya.

Namun istri Pangeran Harry tentu tidak sendirian menyandang status ibu baru dengan peningkatan tekanan pada dirinya. Sebab standar menjadi ibu yang baik terus meningkat dan hampir semua ibu baru mengalami hal serupa di abad-21, tahun 2019.

 

Menghadapi Kritikan Konstan

Meski perempuan mulai mendapat akses lebih baik dalam kehidupan bermasyarakat 50 tahun terakhir, namun stigma pada ibu bekerja masih menjadi kritik dan tekanan berat yang dirasakan hingga kini. Sebab ibu bekerja harus membagi waktunya di kantor dan mengurus anak ketimbang ibu tidak bekerja.

Kemudian jika mempekerjakan pengasuh anak, juga dianggap tidak becus mengurus dan dicap ibu buruk. Para ibu modern terus-menerus berhadapan dengan masyarakat yang menggantikan empati atau dukungan dengan kritikan yang konstan dan tajam.

Beberapa tekanan justru dirasakan dari orang asing. Seperti ibu yang memilih melahirkan secara caesar dan memutuskan untuk tidak menyusui dengan alasan langsung di-judge sebagai ibu yang tidak baik.

Jika kamu merasa ingin memberi kritik, sebaiknya dibarengi dengan menawarkan bantuan. Ketimbang menceramahi ibu hamil, tawarkan bantuan sebiasanya.

 

Simak video berikut ini

Nah, bagaimana menyikapi berbagai kritikan di era modern dan menyiapkan anak-ibu siap menghadapinya? Ikuti kelas Mindful Parenting di Fimela Fest, daftar di sini!

Loading
Artikel Selanjutnya
Tahun Ini, Prince Harry dan Meghan Markle Tidak Rayakan Natal di Inggris
Artikel Selanjutnya
Meghan Markle Berdiri di Balkon yang Lebih Rendah dari Kate Middleton, Ini Alasannya