Sukses

Parenting

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak, Tenggorokan Gatal pada Bayi dan Anak Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Batuk bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Batuk berdahak adalah jenis batuk yang paling sering dialami sebagian besar orang. Batuk berdahak umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur yang menyerang saluran pernapasan. Hal ini membuat sistem pernapasan memproduksi lebih banyak lendir yang biasa disebut dahak.

Batuk berdahak memang sangat mengganggu karena membuat suara serak, tenggorokan gatal, bahkan dada sesak. Meski batuk berdahak tidak berbahaya, kamu perlu mengatasinya dengan tepat dan cepat. Oleh karena itu, berikut kami akan berikan cara menghilangkan batuk berdahak.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal

Batuk berdahak biasanya sering disertai dengan tenggorokan yang gatal. Tentunya hal ini sangatlah tidak nyaman. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba cara menghilangkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal berikut.

Air putih hangat

Dengan mengonsumsi air putih, dahak yang ada di sistem pernapasanmu akan encer, sehingga batuk berdahak akan hilang dan tenggorokanpun tidak gatal lagi.

Madu

Sudah terbukti madu menjadi salah satu cara menghilangkan batuk berdahak. Madu memiliki kandungan anti radang sehingga dapat menghilangkan batuk berdahak serta tenggorokan gatal. Cukup minum satu sendok madu sebanyak tiga kali sehari atau bisa campurkan madu dengan air.

Air garam

Dengan berkumur air garam, kamu dapat melegakan tenggorokan yang penuh dengan dahak. Pastikan saat berkumur kepala menghadap ke atas agar air garam benar-benar mencapai bagian dalam mulut.

Makanan Probiotik

Makanan probiotik mengandung bakteri baik yang dapat menyembuhkan batuk berdahak. Pilihan makanan probiotik yang bisa kamu coba contohnya; yogurt, kimchi, tempe dan masih banyak lagi.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Bayi

Batuk yang terjadi pada bayi tentunya sangat mengkhawatirkan bagi orang tua. Namun, orang tua tak perlu buru-buru panik. Ada beberapa cara menghilangkan batuk berdahak yang bisa dicoba untuk si kecil.

Cairan tubuh tambahan

Cairan tambahan pada bayi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mempercepat proses penyembuhan batuk berdahak. Ibu bisa memberikan ASI dan atau air putih untuk bayi.

Meninggikan kepala bayi

Sulit bernapas saat tidur sering kali dialami oleh bayi saat batuk berdahak. Untuk itu, jika bayi sedang mengalami sakit batuk berdahak, sebaiknya tinggikan sedikit kepalanya menggunakan bantal saat tidur agar mengurangi kemungkinan tersedak.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup pada bayi merupakan cara sederhana untuk memulihkan kesehatan tubuh apapun penyakitnya. Sebagai cara menghilangkan batuk berdarah, bayi perlu istirahat yang cukup bahkan lebih agar kondisi tubuh segera pulih seperti sedia kala.

Cara Cepat Menghilangkan Batuk Berdahak

Terlalu lama merasakan batuk berdahak tentu tidaklah enak. Untuk itu, ini beberapa cara cepat menghilangkan batuk berdahak yang dapat kamu lakukan.

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan daun mint

Daun mint mempunyai kandungan menthol yang dapat menyegarkan dan meredakan tenggorokan yang penuh dengan dahak. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus daun mint segar selama 10 menit kemudian hirup uap panasnya.

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan jahe

Rempah yang satu ini ternyata juga dapat digunakan sebagai cara cepat menghilangkan batu berdahak. Kandungan anti radang pada jahe mampu melemaskan saluran pernapasan dan mengencerkan dahak sehingga meredakan batuk.

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang bersifat anti radang. Bromelain ini mampu meredakan infeksi akibat batuk berdahak. Kamu bisa mengonsumsi nanas secara langsung ataupun minum jus nanas sebagai cara menghilangkan batuk berdahak.

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan susu hangat

Susu hangat dapat meredakan iritasi dan menenangkan tenggorokanmu. Minumlah susu hangat dua kali sehari sebagai cara menghilangkan batuk berdahak.

Cara Alami Menghilangkan Batuk Berdahak

Sebelum mencoba obat batuk berdahak dari dokter maupun apotek, biasakan untuk menggunakan obat alami yang ada di rumah lebih dulu. Pasalnya, batuk berdahak bukanlah hal yang perlu dicemaskan, jadi pengobatannya bisa kamu lakukan dengan cara alami.

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan daun seledri

Daun seledri juga punya manfaat sebagai cara menghilangkan batu berdahak.

Caranya membuatnya:

  1. siapkan beberapa daun seledri
  2. haluskan dengan blender
  3. tambahkan sedikit madu
  4. lalu siap dikonsumsi.

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan ramuan madu, lemon dan biji rami

Selain cara menghilangkan batuk berdahak diatas, kamu juga bisa menggunakan ramuan ini. Rebus satu biji rami, kemudian air rebusannya campur dengan lemon dan satu sendok madu. Dengan begitu, batuk berdahak akan berangsur hilang.

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan lemon dan jeruk nipis

Kandungan vitamin C dan anti bakteri pada buah lemon dan jeruk nipis mampu menghilangkan batuk bedahak secara. Cukup dengan mencampurkan air lemon atau jeruk nipis dengan segelas air hangat dan madu, kemudian minum secara rutin.

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan daun kemangi

Mengkonsumsi jus daun kemangi dipercaya sebagai cara menghilangkan batuk berdahak.

Caranya cukup mudah:

  1. ambil segenggam daun kemangi
  2. hancurkan dengan blender
  3. campurkan dengan madu dan sedikit air
  4. siap dikonsumsi.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagi sumber)

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Batuk Berdahak dan Asam Lambung pada Malam Hari
Artikel Selanjutnya
Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering dengan Cepat Secara Alami pada Bayi