Sukses

Lifestyle

Bolehkah Berolahraga Saat Flu dan Batuk?

Fimela.com, Jakarta Flu dan batuk merupakan dua gangguan kesehatan yang paling sering. Kerap kali kedua penyakit ini mudah disembuhkan bahkan tanpa obat sekalipun. Hal ini membuat banyak orang untuk tidak begitu memedulikan flu dan batuk. 

Bagi penggemar olahraga, flu ternyata tidak menjadi penghalang mereka untuk pergi ke gym atau hanya sekadar berlari pagi. 

Sebagian orang justru merasa lebih sehat. Flu dan batuk pun berangsur sembuh usai berolahraga dan makan makanan bergizi. Namun, secara ilmu kesehatan, baikkah berolahraga saat sedang flu dan batuk? 

Boleh, Selama Tidak Parah

Menurut dokter olahraga di Baltimore's Mercy Medical Center, Jessalyn Adam, MD, sebenarnya olahraga pada saat flu tidak masalah sama sekali. Justru, olahraga dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga proses penyembuhan dapat menjadi lebih cepat. 

Namun, kamu harus tahu dulu, apakah jenis flu dan batuk yang sedang melanda masih aman untuk berolahraga. Menurutnya, kalau gejala masih terasa di atas leher, seperti pusing, sakit kepala, pilek, atau hidung mampet, kamu masih diperbolehkan untuk berolahraga. Itu pun jangan terlalu berat. Cukup lari, jogging, atau yoga dan pilates. 

 

Hindari Olahraga Jika...

Namun, kalau gejala yang terasa terjadi di bawah leher, seperti lemas, tidak bisa berjalan karena sangat pusing, atau napas pendek/sesak napas, serta demam, sebaiknya kamu beristirahat di rumah. 

 

Selain itu, jika batuk, sebaiknya kamu juga beristirhat di rumah hingg batuk reda. Karena, batuk bisa beresiko pada gangguan pernapasan. 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading