Sukses

Parenting

Selamat Hari Ayah Nasional, Penelitian Sebut Sosok Ayah Ideal Bisa Bantu Anak Berprestasi di Sekolah

Fimela.com, Jakarta Merayakan Hari Ayah yang diperingati hari ini (12/11/2019), kita diingatkan kembali betapa pentingnya peran ayah dalam kehidupan kita. Banyak penelitian menyimpulkan bahwa anak-anak yang memiliki keterlibatan dengan ayahnya, memiliki keunggulan baik secara sosial dan akademis.

Secara khusus penelitian yang dilakukan Maureen Black, PhD, seorang peneliti dan profesor pediatri dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland menemukan bahwa keterampilan bahasa yang lebih baik dan lebih sedikit masalah perilaku pada anak-anak dengan ayah yang terlibat aktif. Menariknya, hasil penelitian inipun juga terjadi pada anak yang tidak tinggal serumah dengan anak.

Dari hasil penelitian ini nampak bahwa keterlibatan ayah dalam kehidupan seorang anak sangatlah penting. Menurut sebuah studi di University of Illinois menyebut bahwa anak-anak dengan ayah yang meluangkan waktu untuk bertanya tentang apa yang mereka pelajari di sekolah dan kegiatan sosial, akan memiliki hubungan sehari-hari yang lebih baik di sekolah.

 

Tidak harus ayah biologis

Figur ayah ini tidak harus datang dari ayah biologis untuk mendapatkan manfaat tersebut pada anak-anak. Peran ini bisa diberikan oleh ayah angkat, ayah tiri, atau sosok laki-laki dewasa di dalam rumah yang bisa mengayomi sang anak.

Para peneliti di University of Oxford mencapai kesimpulan yang sama tentang hubungan keterlibatan ayah dan keberhasilan anak dalam menjalani akademiknya. Psikolog Eirine Flouri bahwakn menyebut bahwa seorang figur ayah yang terlibat membacakan untuk anaknya, pergi keluar dengan anaknya, tertarik pada pendidikan anaknya, dan mengambil peran yang sama dengan ibu dalam mengasuh anak, akan membuat anak-anak itu sendiri bisa meraih prestasi yang baik di sekolahnya.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Yuk ikuti kelas Rexona dengan tema "CREATE YOUR OWN PERSONAL GOALS BERSAMA REXONA DRY SERUM bersama Karina Nadila (KOL) dan Anggya Kumala (Sr. Brand Manager Rexona Deodorant) Buruan daftar di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading