Sukses

Parenting

Cegukan pada Bayi, Apakah Berbahaya untuk Kesehatannya?

Fimela.com, Jakarta Cegukan merupakan hal yang sering terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Cegukan juga menjadi hal yang sangat sering terjadi pada bayi dengan usia di bawah satu tahun.

Ketika mendapati buah hati yang masih bayi cegukan, tidak sedikit orangtua yang merasa khawatir. Bahkan beberapa orangtua akan berpikir apakah buah hati baik-baik saja atau kondisi kesehatannya terganggu.

Cegukan pada Bayi

Mengenai cegukan pada bayi, ini merupakan hal atau kondisi yang umum terjadi. Cegukan terjadi sebagai bagian dari perkembangan normal pada bayi. Melansir dari laman klikdokter.com, dr. Adeline Jaclyn mengatakan, "Cegukan pada bayi bisa disebabkan oleh kontraksi diafragma dan menutupnya korda vokalis dengan cepat. Orangtua tak perlu khawatir berlebihan."

Dr. Adeline juga menjelaskan jika cegukan yang sering terjadi pada bayi bisa saja disebabkan oleh kondisi saluran cerna yang belum berkembang dengan sempurna. Orangtua diharapkan tidak terlalu khawatir apalagi panik jika mendapati buah hati cegukan.

Untuk mengatasi cegukan, ada cara beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut mulai dari buat bayi bersendawa, kurangi udara yang tertelan bayi saat menyusui, alihkan perhatian bayi, beri bayi makan porsi kecil (jika bayi sudah MPASI), pijat lembut alis dan dada bayi serta ubah posisi bayi saat ia menyusu. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kulit Bayi Mengelupas, Rawat dengan Cara Ini
Artikel Selanjutnya
Tahun Tikus Logam 2020 Diramal Jadi Tahun yang Baik Memiliki Anak