Sukses

Parenting

Pro dan Kontra Mengikuti Kelas Parenting

Fimela.com, Jakarta Apa kamu juga termasuk orangtua yang tidak pernah ketinggalan mengikuti kelas parenting? Menurut para ahli, kelas parenting memang menawarkan informasi dan jawaban atas semua pertanyaan, serta meningkatkan rasa percaya diri sebagai orangtua secara keseluruhan.

Kelas parenting akan membantu orangtua merasa lebih berdaya di masa-masa awal memiliki anak. Selain itu, kelas parenting juga dapat menepis segala harapan yang tidak realistis, seperti dilansir dari purewow.com, Rabu (27/11/2019).

Menjadi orangtua dan mengasuh anak bukan pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan baik secara alami. Setidaknya, kelas parenting dapat mendorong perkembangan emosi yang lebih sehat pada orangtua.

Pro mengikuti kelas parenting

1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Kelas parenting akan mengajarkanmu segala sesuatu tentang anak dan menghilangkan ketakutan untuk hal-hal yang tidak diketahui. Tujuan kelas parenting adalah untuk memberdayakan pikiran dan kemampuan para orangtua agar dapat menangani situasi yang baru mereka hadapi.

2. Bertemu dengan orangtua lain

Orangtua juga membutuhkan dukungan dan salah satu cara terbaiknya adalah dengan berteman dengan orangtua lainnya. Kelas parenting dapat menciptakan jaringan baru antara para orangtua baru.

3. Memperluas keahlian

Kamu akan kesulitan menemukan kelas yang ditujukan untuk kebutuhan pribadi, namun tidak kelas parenting akan membantumu lebih percaya diri dan mencerna informasi yang diberikan kepadamu untuk kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memperdalam hubungan dengan anak

Kels parenting juga dapat membantu mengembangkan kepribadian anak. Sebagai orangtua, kamu juga akan belajar menghargai anak sebagai individu dengan pikiran dan temperamen yang unik di kelas parenting.

 

Kontra mengikuti kelas parenting

1. Harga

Tidak ada biaya standar untuk kelas parenting dan harganya bisa sangat bervariasi. Harga kelas parenting biasanya tergantung pada layanan dan instruktur.

2. Waktu yang terbatas

Sebagian besar kelas parenting tidak terlalu fleksibel, kamu harus menemukan jadwal yang sesuai dengan waktumu.

3. Topik yang terlalu luas atau terlalu fokus

Kelas parenting bukan satu hal untuk semua. Beberapa kelas parenting mungkin tidak mencakup hal-hal yang ingin kamu ketahui dan yang lain justru terlalu banyak membahas hal tersebut.

4. Instruktur yang buruk

Kamu juga akan menemui kelas parenting dengan instruktur yang buruk dalam praktik kehidupan sehari-hari. Jika kamu memiliki kekhawatiran ini, coba telepon terlebih dahulu tanya tentang gambaran besar para instruktur di kelas parenting yang kamu inginkan. Bagaimana menurutmu?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading