Sukses

Parenting

Golden Age Dimulai pada Usia Berapa?

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar istilah goden age? Goden age adalah istilah yang mengacu pada periode emas pertumbuhan otak. Ini adalah suatu periode tercepat pertumbuhan otak manusia. Belum banyak dari kita yang paham betul mengenai periode ini.

Rupanya periode emas pertumbuhan otak dimulai sejak bayi masih dalam kandungan. Dikutip dari buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, golden age dimulai ketika bayi usia kehamilan 24 minggu dan meningkat pesat hingga 3 tahun setelah dia lahir. Dengan kata lain, periode emas pertumbuhan otak dimulai saat usia janin memasuki trimester ketiga sampai dengan anak usia 3 tahun.

Manfaatkan Golden Age dengan Sebaik-baiknya

Saat bayi usia kehamilan 24 minggu, ia sudah dapat merespons suara kita dan suara dari luar rahim. Manfaat masa-masa ini unutk mengenalkan suara kita atau suara suami kita. Kita perlu mengajak bayi kita bicara sejak dalam kandungan. Bayi akan merespons suara kita dan menyimpannya dalam memori. Memori ini akan dibuka kembali saat ia lahir, sehingga saat bayi kita lahir dan menangis begitu dia mendengar suara kita, kita akan membuka kembali memorinya dan akan mengenali suara kita untuk bisa kembali tenang.

Selain itu, bayi dalam kandungan yang menginjak 7 bulan sudah bisa merasakan rasa makanan yang sering kita makan. Jadi, bila kita ingin anak kita nanti suka sayur, maka kita perlu mengonsumsi sayur selama mengandungnya.

 

Golden Age Hanya Terjadi Sekali Seumur Hidup

Periode emas pertumbuhan otak hanya terjadi sekali seumur hidup. Pada periode ini, terjadi pertumbuhan yang menyangkut aspek penambahan jumlah sel-sel saraf otak dan besar atau volume otak. Usia anak di tahun pertama punya peranan paling besar dalam menentukan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak mereka.

Pertumbuhan dan pembentukan sel-sel otak baru di tahun ini adalah yang tercepat dalam sejarah manusia. Sebagai informasi, berat otak anak di tahun pertama ini mencapai 300% dibandingkan berat otak anak begitu dilahirkan.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading