Sukses

Parenting

Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Selama Hamil Berpengaruh pada Kecerdasan Bayi

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Momen kehamilan mengharuskan dirimu untuk menjaga kesehatanmu dengan sebaik mungkin. Momen kehamilan juga mengharuskanmu untuk lebih menjaga pola makan, pola tidur dan daya tahan tubuhmu agar lebih baik.

Melansir dari laman webmd.com, daya tahan tubuh ibu selama hamil berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang janin di kandungan. Daya tahan tubuh ini juga berpengaruh pada kecerdasan bayi ke depannya.

Bagaimana Daya Tahan Tubuh Ibu Memengaruhi Kecerdasan Bayi?

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience menyebutkan jika kesehatan dan daya tubuh ibu berpengaruh pada kecerdasan bayi. Penelitian yang dilakukan oleh Dr Bradley Peterson dalam rilis berita dari Children's Hospital Los Angeles menemukan jika semakin baik daya tahan ibu selama hamil maka akan semakin baik tumbuh kembang bayi. Sebaliknya, ketika daya tahan tubuh ibu menurun apalagi mengharuskannya konsumsi obat-obatan, ini bisa berpengaruh pada tumbuh kembang dan kecerdasan bayi.

Ilmuwan menemukan jika fungsi otak bayi baik secara jangka pendek maupun jangka panjang dipengaruhi oleh imunitas atau daya tahan tubuh ibu selama mengandung terutama di trimester ketiga. Ibu hamil yang sakit fisik atau psikis seperti kecemasan, depresi dan rasa khawatir berlebihan akan membuat asupan nutrisi yang masuk ke tubuh bayi terhambat. Jika asupan nutrisi terhambat, ini akan membuat tumbuh kembang bayi tidak maksimal.

Agar daya tahan tubuh selama kehamilan selalu baik, Mom disarankan untuk memiliki pola hidup sehat, mencukupi kebutuhan vitamin tubuh, miliki istirahat cukup, hindari stres, jaga kebersihan tubuh dan lingkungan serta miliki olahraga cukup. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
15 Ciri Hamil Muda yang Sering Terjadi dan Mudah Dikenali
Artikel Selanjutnya
Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Mengonsumsi Mie Instan?