Sukses

Parenting

Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Demam Pada Anak

Fimela.com, Jakarta Demam merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami semua orang tak terkecuali anak-anak dan bayi. Demam umumnya bukan masalah kesehatan yang serius dan perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Melansir dari laman parents.com, demam adalah reaksi tubuh untuk melawan penyakit.

Mengenai demam, tidak semua demam harus dibawa ke rumah sakit atau dokter. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, sebenarnya demam bisa disembuhkan di rumah tanpa harus pergi ke rumah sakit atau dokter. Untuk mengatasi demam pada anak dengan cepat dan tepat, ada beberapa hal yang harus dilakukan Mom.

Cara Mengatasi Demam Anak

Agar anak yang demam bisa segera sembuh dan pulih, pastikan agar Mom merawat anak dengan tenang. Semakin panik dan khawatir pada kondisi anak, ini akan membuat anak stres dan depresi yang membuat demam tubuhnya tak kunjung turun. Para ahli mengemukakan jika ketika seorang sakit dan pikirannya takut, cemas serta stres, ini bisa membuat sakitnya parah.

Untuk menurunkan panas demam anak, hal yang perlu dilakukan Mom adalah dengan mengompres dahi anak dengan air hangat. Kalau pun anak merasa tak nyaman dikompres dengan air hangat, dirimu bisa mengompresnya dengan air dingin. Mintalah anak untuk mandi air hangat. Mandi air hangat bisa membantu demam pada tubuh anak turun secara perlahan.

Hindari memberikan pakaian yang tebal ke anak karena hanya akan membuat tubuhnya semakin demam atau panas. Pastikan untuk memberikan pakaian yang membuat tubuh anak nyaman dan panas tubuh cepat keluar. Minta anak untuk makan dan minum yang banyak. Asupan nutrisi yang cukup akan membantu anak dapatkan tubuh yang lebih sehat dan kuat. Pastikan agar anak memiliki waktu istirahat cukup saat tubuhnya demam.

Ketika anak demam, Mom tak perlu khawatir berlebih. Tangani dengan cara-cara sederhana. Jika demam tak kunjung turun, beri anak obat penurun demam. Jika demam tak kunjung turun setelah 2 sampai 3 hari, segera periksakan kondisi kesehatan anak ke dokter atau klinik terdekat. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kondisi yang Membuat Demam Pada Bayi Makin Berbahaya
Artikel Selanjutnya
Bawang Merah Bermanfaat Menurunkan Panas Demam Anak