Sukses

Parenting

5 Sayuran yang Bisa Dikenalkan ke Bayi untuk Pertama Kali

Fimela.com, Jakarta Saat bayi berusia enam bulan, ia sudah siap diberi MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Bayi usia enam bulan sudah bisa diperkenalkan dengan berbagai makanan lain selain ASI (Air Susu Ibu). Meski bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan lain selain ASI, makanan tersebut harus berupa makanan yang mudah dicerna dan tidak memicu reaksi alergi.

Melansir dari laman parents.com, ada banyak makanan yang bisa diperkenalkan ke bayi untuk pertama kalinya. Salah satu makanan tersebut adalah sayuran. Selain mudah dicerna, sayuran menjadi makanan yang kaya nutrisi, vitamin dan gizi terbaik untuk tumbuh kembang bayi. Inilah beberapa sayuran yang bisa diperkenalkan ke bayi untuk makanan pertamanya.

Sayuran untuk MPASI

Wortel

Sayuran pertama ada wortel. Wortel kaya akan betakaroten dan vitamin A. Kukus atau rebus wortel hingga matang kemudian haluskan dan jadikan menu MPASI bayi.

Bayam

Sayur selanjutnya yang bisa diberikan pada bayi adalah bayam. Bayam mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Rebus bayam hingga matang kemudian haluskan dan berikan pada bayi. Jika ingin rasa bayam lebih nyaman di lidah bayi, masak bersama jagung muda dan beras merah kemudian haluskan.

Labu

Labu juga menjadi sayur yang bisa diberikan ke bayi sebagai makanan pertamanya. Labu kaya akan betakaroten, vitamin A, C dan nutrisi lainnya. Labu juga termasuk bahan makanan yang mudah dicerna serta jarang menimbulkan alergi.

Kentang

Kentang adalah umbi-umbian yang juga bisa dijadikan sayur. Ini merupakan makanan terbaik untuk menu MPASI di awal MPASInya. Rebus kentang hingga matang dan empuk kemudian kerok atau penyet-penyet dan berikan ke bayi. Kentang kaya nutrisi dan jarang menyebabkan alergi.

Brokoli

Sayur brokoli mengandung antioksidan dan nutrisi yang sangat baik buat tumbuh kembang anak. Berikan buah hati brokoli agar tumbuh kembangnya semakin baik. Rebus brokoli hingga benar-benar empuk kemudian haluskan dan jadikan menu MPASI.

Itulah beberapa sayuran sehat yang bisa diperkenalkan ke bayi sebagai menu MPASI pertamanya. Sayuran di atas termasuk ke dalam superfood yang memiliki nutrisi dan gizi terbaik untuk bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Makanan yang Perlu Dihindari sebagai Menu MPASI