Sukses

Parenting

Pentingnya Karakter Resilient pada Anak

Fimela.com, Jakarta Saat ini kita hidup dalam VUCA World, dimana dunia selalu bergerak (volatile), tidak pasti (uncertain), kompleks (complex) dan ambigu (ambiguous). Di era ini,perkembangan serba cepat, penuh ketidak-pastian dan sangat kompetitif.

Anak akan dihadapkan dengan berbagai tantangan dari luar, mulai dari isu sosial sampai perubahan iklim, tidak terkecuali tantangan dari dalam diri si Kecil sendiri. Oleh karena itu, selain kemampuan akademis, anak perlu diasah sejak dini untuk memiliki ketangguhan.

Selain ketangguhan dari sisi fisik berupa daya tahantubuh yang kuat, penanaman karakter sejak dini juga perlu dilakukan. Karakter ini dinamakan dengan resilient, yaitu kemampuan untuk menghadapi tantangan serta memiliki mental untuk bangkit jika menemui kegagalan.

Nadya Pramesrani, M. Psi., Psikolog Keluarga dari Rumah Dandelion menjelaskan, penelitian dalam 50 tahun terakhir menemukan bahwa masa anak-anak usia dini ini adalah waktu yang paling tepat dalam memahami dan mengembangkan resiliensi. Salah satu caranya adalah melalui pengalamanyang bermakna atau purposeful exposure.

Artinya, orang tua dengan sengaja memberikan tantangan-tantangan yang sesuai dengan usia dan kapasitas anak agar tahu batas dirinya sampai mana, kemampuan dirinya sampai mana, dan apa yang ia miliki untuk menghadapi masalah.

"Hal ini perlu dilakukan agar si Kecil terbiasa menghadapi tantangan dan ketidakpastian dan fokus pada carapenyelesaian yang paling efektif," ujarnya dalam siaran pers Nutriclub.

Mengajak orangtua mengenal karakter resilient

Melalui kegiatan Royal Lounge Nutriclub mengajak para orang tua untuk mengenal apa itu karakter resilient, pentingnya karakter tersebut, berbagi pengalaman dengan sesama orang tua, hingga sesi konsultasi secara langsung bersama para ahli.

Untuk anak-anak, ada beragam permainan digital dan analog untuk latih karakter resilient yang difasilitasi dan dikembangkan secara langsung bersama para psikolog keluarga dari Rumah Dandelion. Selain itu, dilaksanakan juga aktivitas seru yang bertujuan untuk mempererat bonding bagi orang tua dan si Kecil dan juga memperkuat pemahaman bahwa penanaman karakter anak dimulai dari orang tua.

Menurut Vega Gupta, Senior Brand Manager Nutrilon Royal menjelaskan, kegiatan ini memberikankomitmen penuh untuk membantu orang tua menjadikan si Kecil resilient secara fisik dan mental.

"Pemahaman akan pentingnya karakter resilient ini sangat perlu untuk disebarkan ke banyak orangtua Indonesia," paparnya.

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading