Sukses

Parenting

Menurut Studi, Anak Tunggal Tak Selalu Manja dan Egois

Fimela.com, Jakarta Selama ini banyak anggapan yang menyebutkan jika anak tunggal cenderung manja dan egois. Banyak orang juga menganggap bahwa anak tunggal yang dihujani kasih sayang akan tumbuh menjadi anak yang bergantung pada orangtua. Namun Sahabat Fimela, penelitian yang dilakukan paraa ahli menemukan jika anak tak tunggal tak selalu manja, egois dan ingin menang sendiri.

Melansir dari laman Purewow, studi yang dipublikasikan di buku berjudul The Case for the Only Child: Your Essential Guide and Parenting an Only Child, oleh Denise Duval Tsioles, Ph.D., Direktur Child Therapy Chicago dan Susan Newman, Ph.D menyebutkan jika anak tunggal justru merupakan anak yang mandiri, penuh percaya diri dan peduli. Sebagian besar anak tunggal juga dikatakan sebagai pribadi yang penuh kasih sayang dan pandai bersosialisi.

Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Family Issues dengan judul Good for Nothing: Number of Siblings and Friendship Nominations Among Adolescents, disebutkan bahwa anak tunggal umumnya adalah anak yang diistimewakan oleh orangtuanya.

Anak Tunggal Istimewa Tapi Tidak Manja

Meski istimewa, anak ini bisa saja tumbuh menjadi anak yang mandiri dan tidak manja. Bukan berarti anak yang istimewa buat orangtua dan orang-orang di sekitarnya akan menjadi anak manja selama ia dirawat dan diasuh dengan baik serta tegas pun bijaksana.

Banyak orang yang bertanya-tanya apakah anak tunggal kesepian atau tidak. Faktanya, penelitian menemukan jika tak semua anak tunggal merasa kesepian. Memiliki banyak waktu sendiri bisa membuat perasaan anak tunggal lebih sensitif dan mendorongnya untuk tetap berbuat baik. Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika memiliki saudara kandung tidak menjamin seseorang hidup bahagia dan rukun selamanya. Ada beberapa kakak adik yang ternyata tak bisa akur bahkan ketika ia dewasa.

Menjadi anak tunggal akan membuat seseorang menikmati harinya dengan cukup menyenangkan, tanpa persaingan, tanpa cemburu dan tanpa perselisihan. Manja atau tidaknya anak tunggal, ini tergantung bagaimana pola asuh orangtua dan lingkungannya.

Anak tunggal yang hidup dimanja dan bergelimang harta tanpa kasih sayang cukup bisa jadi menjadi anak yang manja dan egois. Sedangkan anak tunggal yang hidup penuh kasih sayang namun dengan pola asuh bijaksana, ketegasan dan nasehat menuju kebaikan, ia juga akan tumbuh lebih bijaksana serta sensitif perasaannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Organic Parenting, Pola Asuh Anak Penyeimbang di Lingkungan yang Tak Bisa Diubah
Artikel Selanjutnya
5 Kebiasaan Sederhana untuk Menjadi Orangtua yang Terbaik