Sukses

Parenting

Anak Tunggal Ternyata Rentan Obesitas, Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Dilahirkan menjadi anak tunggal atau mungkin memiliki anak tunggal saat ini, sebaiknya perlu hati-hati. Selain cenderung merasa kesepian, anak tunggal ternyata juga harus menghadapi risiko kesehatan yang cukup serius terkait berat badan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak tunggal cenderung mengalami obesitas dibanding anak-anak yang dilahirkan di dalam keluarga dengan banyak saudara. Penelitian dalam Journal of Nutrition Education and Behavior menunjukkan bahwa keluarga dengan banyak anak cenderung membuat keputusan makan yang lebih sehat dibanding keluarga dengan satu anak saja.

Anak Tunggal Rentan Obesitas

Ada kebiasaan makan yang berbeda antara kedua tipe keluarga tersebut. Kemungkinan penjelasan untuk hal ini adalah adanya kebiasaan berbagi makanan. Ketika hidup dalam keluarga dengan banyak anggota, anak akan cenderung berbagai makanan atau memiliki porsi makan yang lebih sedikit dari keluarga dengan anak tunggal.

Ada kemungkinan pula orangtua memanjakan anak tunggal dengan membeli apa pun makanan yang ia inginkan karena alasan 'sayang'. Bukan hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa ibu-ibu dari anak-anak tunggal juga cenderung mengalami kegemukan. Tidak diketahui apakah kebiasaan makan ayah juga berpengaruh.

Wah, jadi sebaiknya mulai mengevaluasi diri ya Moms, apakah kebiasan makan di rumah selama ini sudah sehat untuk anak, terlepas ia anak tunggal atau banyak saudara di rumah.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Apakah Sindrom Anak Tunggal Memang Ada? Ini 5 Penjelasan Para Ahli