Sukses

Parenting

5 Cara Membiasakan Anak Makan Buah di Rumah

Fimela.com, Jakarta Beberapa anak sulit disuruh makan buah. Bukan hanya menolak, anak bisa jadi memuntahkan dan membuang makanan jika dipaksa. Jika terus dipaksa, bisa-bisa kenangan makan buah tak akan pernah baik di pikirannya dan justru ia akan trauma dan semakin membenci buah.

Daripada terus memaksa anak untuk makan buah, ada baiknya membiasakan anak makan buah perlahan di mulai dari rumah. Ini yang bisa dilakukan orangtua agar si kecil mau makan buah.

1. Makan bersama

Lebih sering makan bersama keluarga. Jika tidak memungkinkan, paling tidak selalu temani si kecil makan. Makan bersama akan membuat anak merasa lebih dekat dengan orangtuanya dan menuruti apa yang dikatakan orangtuanya.

2. Menjadi contoh untuk anak

Tentu untuk mendorong anak makan sehat, orangtua harus jadi contoh teladan yang baik. Ibu dan ayah harus rajin dulu makan buah. Dengan sering melihat orangtuanya makan buah, anak akan terdorong ingin makan buah.

3. Menyimpan banyak variasi buah di rumah

Bahkan jika pada awalnya sering menolak makan buah, lama-lama anak akan ingin makan buah, tinggal memilih mana buah yang paling ia suka. Jika tak suka pada satu buah, belum tentu ia tidak suka buah lainnya.

4. Selalu sediakan di meja makan

Untuk membuatnya terbiasa, selalu kupas dan sediakan buah di meja untuk dimakan. Bahkan jika awalnya menolak, lama-lama ia akan mau mencoba satu dua potong buah.

5. Dorong anak lebih banyak minum air putih

Jika masih tak mau makan buah, cara terbaik adalah mendorongnya lebih banyak minum air putih. Jangan turuti anak minum soda atau minuman manis lainnya. Ini yang akan membuat anak lebih familiar dengan rasa manis tak alami dan semakin menolak buah. Jika anak suka minum air putih, lidahnya akan lebih familiar dengan rasa hambar dan menerima rasa manis yang lebih alami.

Itu dia sekian cara membiasakan anak makan buah di rumah. Jangan lelah mengenalkan berbagai variasi buah pada anak.

Loading