Sukses

Parenting

Menyusui Sesering Mungkin Bermanfaat Meningkatkan Produksi ASI

Fimela.com, Jakarta Menyusui menjadi aktivitas yang penting dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan. Menyusui memiliki beragam manfaat buat bayi pun ibu. Mengenai menyusui, bagi beberapa ibu menyusui menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tapi, bagi beberapa ibu lainnya menyusui menjadi hal yang cukup sulit dilakukan.

Bagi beberapa ibu, ada banyak hambatan yang ditemui ketika menyusui dan hambatan ini membuatnya merasa stres bahkan depresi. Salah satu hambatan tersebut adalah ASI tidak lancar. Melansir dari laman health.com, agar ASI lancar ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Cara Melancarkan ASI

Untuk melancarkan produksi ASI, para ahli menyarankan agar ibu mengonsumsi makanan yang bermanfaat meningkatkan produksi ASI. Ibu juga harus memiliki waktu istirahat cukup setiap hari. Yang tak boleh lupa, ibu penting menyusui bayi sesering mungkin.

Penelitian menemukan jika semakin sering ibu menyusui buah hatinya, semakin baik produksi ASInya. Pada bayi baru lahir, bayi umumnya menyusu sebanyak 8 sampai 12 kali setiap hari. Ada juga bayi yang sudah merasa lapar setiap 90 menit sekali. Ketika ibu menyusui buah hati dengan frekuensi teratur, maka produksi ASI juga akan semakin teratur. Usahakan untuk menyusui secara teratur. Bila perlu, catat jadwal menyusui tersebut. Kalau pun ibu sibuk bekerja, tetap sempatkan waktu untuk memerah ASI atau memompa ASI.

Para ahli mengungkapkan jika berhentinya produksi ASI disebabkan oleh aktivitas menyusui yang tidak teratur. Ini juga bisa disebabkan oleh stres, istirahat kurang dan pola makan yang buruk.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading