Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Mual yang terjadi pada saat hamil atau sering disebut Morning Sickness, memang umum terjadi pada awal kehamilan Mom. Kondisi ini dialami hampir setiap ibu hamil, hanya sebagian kecil saja perempuan yang tidak mengalami mual dan muntah saat hamil. Kondisi ini terjadi di trimester pertama kehamilan.

Mual dan muntah tidak hanya terjadi dipagi hari saja Mom, di malam hari pun Mom bisa mengalami mual dan muntah. Memang kondisi ini sangat tidak nyaman. Morning Sickness terjadi karena adanya perubahan hormon, kelelahan, atau mengalami stress. Berikut ini cara mengatasi Morning Sickness pada ibu hamil.

Mual Saat Bangun Tidur

Ketika merasakan mual saat bangun tidur, sebaiknya bangun secara perlahan. Usahakan makan sepotong biskuit untuk mengurangi rasa mual saat baru bangun tidur.

 

Istirahat Yang Cukup

Demi menjaga kesehatan ibu dan janin, sebaiknya kurangi aktifitas yang membuatmu mudah lelah. Sebab mual dan muntah dapat terjadi akibat kelelahan.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat juga dapat memicu rasa mual saat hamil. Sebaiknya gunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Selain dapat memicu mual, pakaian ketat juga tidak baik digunakan saat janin mulai berkembang di dalam rahim.

Jangan Berbaring Setelah Makan

Usahakan untuk tetap duduk setelah makan, karena apabila setelah makan berbaring dapat dipastikan hal tersebut memicu mual dan muntah. Selain memicu mual dan muntah, berbaring setelah makan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh terlebih pada pencernaan.

Konsumsi Suplemen Ibu Hamil

Ketika mengalami mual dan muntah, konsumsi suplemen vitamin untuk ibu hamil. Pastikan jangan asal minum vitamin dan suplemen. Konsultasikan semua pada dokter.

Mual dan muntah pada ibu hamil tidak hanya terjadi di pagi hari saja. Beberapa kondisi, bahkan ibu hamil dapat mengalaminya sepanjang hari. Jika kamu mengalami keluhan yang serius, sebaiknya segera konsultasi pada dokter. Semoga tetap sehat ya, Mom!

#GrowFearless With FIMELA

;
Loading