Sukses

Parenting

3 Penyebab Utama Anemia setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, kita akan disibukkan dengan rutinitas merawat bayi. Kesibukan tersebut pun kemudkan membuat kita "lupa" menjaga kesehatan sendiri. Akibatnya kita mengalami sejumlah komplikasi atau gangguan kesehatan, seperti postpartum anemia.

Apa yang dimaksud dengan postpartum anemia? Melansir Postpartum Anemia: Causes, Symptoms And Treatment via momjunction.com, postpartum anemia adalah kondisi kekurangan zat besi kronis yang dialami setelah melahirkan. Dalam kondisi ini, kadar hemoglobin kurang dari 110 g/L pada minggu pertama setelah melahirkan dan kurang dari 120 g/L pada delapan minggu setelah melahirkan. Gejala anemia ini bisa membuat kita merasa sangat letih, mudah capek, dan rentan jatuh sakit.

Lalu apa penyebab anemia setelah melahirkan? Secara umum, penyebabnya ada tiga. Selengkapnya langsung simak infonya di sini.

1. Pola Makan Buruk

Tidak tercukupinya kebutuhan zat besi sebelum dan selama kehamilan bisa menyebabkan postpartum anemia. Kebutuhan zat besi selama kehamilan adalah 4,4 mg per hari. Ketika kebutuhan zat besi tak bisa terpenuhi dari asupan makanan, mengonsumsi suplemen zat besi selama kehamilan dan dalam perencanaan kehamilan bisa dilakukan. Banyaknya volume darah yang keluar saat haid pun bisa memicu berkurangnya zat besi.

2. Kehilangan Banyak Darah saat Melahirkan

Kehilangan banyak darah saat melahirkan (lebih dari 500 ml) bisa menyebabkan tubuh kekurangan zat besi. Kondisi ini kemudian bisa memicu munculnya anemia setelah melahirkan. Semakin banyak darah yang hilang, semakin besar risiko ibu mengalami anemia.

3. Gangguan pada Usus

Gangguan pada usus seperti penyakit celiac, penyakit Crohn's, dan penyakit radang usus bisa menghambat proses penyerapan zat besi. Kondisi seperti ini pun bisa memicu anemia. Pahami gejala-gejala anemia, seperti gampang capek, kulit pucat, merasa depresi, sesak napas, pusing, suasana hati yang berubah-ubah, dan kekebalan tubuh yang menurun. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Semoga infonya bermanfaat, ya. Kondisi kesehatan tetaplah jadi prioritas penting setelah melahirkan. Di tengah kesibukan merawat si kecil, jangan sampai lupa menjaga kondisi tubuh kita sendiri.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading