Sukses

Parenting

Tips Memompa ASI untuk Ibu Bekerja

Fimela.com, Jakarta Menyusui atau memberikan ASI Ekslusif pada anak berusia 0-6 bulan memang sangat diperlukan. ASI sangat membantu dalam tumbuh kembang anak. Tidak sedikit bayi yang tidak dapat menikmati asi ekslusif selama 6 bulan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya seperti ASI yang sudah tidak dapat keluar sebelum 6 bulan dan faktor Mom yang disibukkan dengan pekerjaan kantor.

Ketika bekerja pun sebenarnya Mom masih dapat memberikan ASI Eksklusif untuk si kecil. Pumping di tempat kerja mungkin dapat Mom lakukan. Nah, berikut ini tips untuk melakukan pumping saat Mom harus bekerja di kantor.

Informasikan Kebutuhan Pumping Kepada Atasan

Informasikan kepada atasan jauh-jauh hari, jika Mom mungkin akan membutuhkan waktu tertentu untuk melakukan pumping. Sebaiknya bicarakan hal ini kepada atasan sebelum Mom mengambil cuti melahirkan. Tanyakan apakah ada tempat privasi untuk melakukan pumping. Jika ternyata memang tidak ada, sebaiknya Mom meminta bantuan kepada atasan untuk menggunakan ruangan yang aman dan nyaman untuk melakukan pumping di area kantor.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Usahakan untuk menggunakan pakaian yang mudah untuk dibuka, sehingga tidak membuat ribet ketika melakukan pumping. Mom juga dapat menggunakan bra khusus ibu menyusui.

Konsisten dengan Jadwal Pumping ASI

Jika menuruti pekerjaan saja mungkin tidak akan ada habisnya. Usahakan konsisten untuk melakukan pumping saat di kantor. Pumping sangat baik dilakukan di pagi hari ketika baru datang di kantor. Ketika masih pagi, ASI lebih banyak untuk didapatkan. Jangan lupa juga, ketika hendak berangkat bekerja, alangkah baiknya untuk menyusui si kecil terlebih dahulu, jika memungkinkan untuk memompa, lakukanlah yang terbaik untuk si kecil.

Simpan Di Lemari Pendingin

Jika melakukan pumping diwaktu luang sebelum bekerja, Mom dapat menyimpan ASI di dalam lemari pendingin dengan suhu antara 19-26 derajat celcius. ASI dapat disimpan di lemari pendingin selama 12 bulan, tentunya dengan memberikan label pada botol ya Mom, untuk menandai mana yang harus segera dikonsumsi. Jika Mom melakukan pumping di kantor, ada baiknya untuk segera mengirimkan ASI kepada si kecil dengan bantuan kurir antar ASI. Letakkan pada tas pendingin kecil, untuk menjaga ASI tidak rusak.

Bersihkan Peralatan

Setelah melakukan pumping jangan lupa untuk membersihkan peralatannya ya Mom supaya lebih steril. Pilih botol ASI yang mudah untuk di bersihkan. Gunakan sikat khusus mencuci botol susu.

Meskipun Mom sibuk dengan pekerjaan, tetap perhatikan kebutuhan si kecil. Usahakan untuk memberikan ASI eksklusif pada si kecil selama 6 bulan. Perhatikan pula peralatan yang digunakan untuk melakukan pumping, perhatikan kebersihannya Mom.

#GrowFearless With FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI