Sukses

Parenting

4 Alasan Pentingnya Menemani Anak Belajar

Fimela.com, Jakarta Tugas sebagai orangtua dalam mendidik anak memang tidak mudah. Di tengah kesibukan kita bekerja dan mengurus banyak hal, kita tetap punya tugas penting dalam mendampingi anak belajar. Tak hanya menyekolahkannya, tapi juga ikut berperan aktif dalam keseharian seperti menemani anak belajar.

Menemani anak belajar mungkin hal yang sepele, tapi bisa sangat sulit dilakukan. Terlebih bila kita punya kesibukan padat sendiri dengan pekerjaan atau karier. Meski begitu, meluangkan waktu menemani anak belajar bisa memberi banyak manfaat. Menemani anak belajar tidak selalu berarti mengambil alih dan menyelesaikan semua PR anak. Lebih dari itu, waktu yang diluangkan untuk menemani anak belajar bisa memberi sejumlah manfaat penting.

1. Membantu Anak Lebih Fokus Belajar

Ketika kita tak mendampingi anak, maka anak bisa dengan mudah terganggu fokus dan daya konsentrasinya saat belajar. Dengan menemani anak belajar, kita dapat membantunya menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar. Kehadiran kita di sisinya untuk belajar bisa memberinya semangat untuk belajar tanpa rasa malas.

2. Membangun Contoh yang Baik

Elliott Shostak, seorang pendidik dalam artikelnya The Benefits of Helping Children with Homework mengungkapkan bahwa salah satu cara terbaik untuk membangun kemampuan belajar seumur hidup maka kita perlu memberi contoh yang baik untuk anak-anak kita. Saat anak sedang mengerjakan PR, kita bisa menemaninya dengan, misalnya duduk di dekatnya sambil membaca buku. Izinkan anak bertanya jika dia mengalami kesulitan dengan PR-nya.

3. Membantu Anak Disiplin Belajar

Membangun kedisiplinan perlu dilakukan sejak dini. Prosesnya pun tidak instan. Kita perlu sabar dalam membantu anak membangun karakter disiplin pada dirinya. Dengan menemani anak belajar, kita bisa sekalian mengarahkannya untuk membuat jadwal belajar yang baik. Saat sudah terbiasa belajar pada jam-jam tertentu, anak bisa memiliki inisiatif sendiri untuk belajar tanpa disuruh lagi.

4. Meningkatkan Kedekatan dengan Anak

Saat kita membantu anak menyelesaikan tugas sekolahnya, kita bisa sekalian membuka berbagai topik dengannya terkait sekolah dan kesehariannya di sekolah. Apakah anak selama ini nyaman di sekolah? Siapa saja teman-temannya? Siapa guru favoritnya? Menemani anak belajar bisa jadi "jembatan" untuk membuka berbagai topik obrolan lain yang lebih luas.

Menemani anak belajar ternyata sangat penting. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan ini. Semoga info ini bisa jadi referensi penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan membuatnya senantiasa bersemangat belajar.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menghadapi Anak yang Sedang Marah
Artikel Selanjutnya
Menghentikan Kebiasaan Anak Mengisap Jempol, Coba 5 Tips Ini