Sukses

Parenting

7 Cara Efektif Mengasah Daya Ingat Anak

Fimela.com, Jakarta Cobalah perhatikan anakmu, apakah si kecil kesulitan dalam mengingat arah, tempat, atau sering lupa? Jika ya, kemungkinan anak bermasalah dengan memori kerjanya.

Memori kerja ialah kemampuan untuk menyimpan dan memanipulasi informasi yang tersimpan dalam memori jangka pendek saat memproses bersamaan di dalam otak.

Ketika anak bermasalah dengan memorinya, jangan panik dulu dan berkonsultasi dengan dokter. Karena ternyata kemampuan daya ingat pada anak dapat dioptimalkan dengan melakukan stimulasi-stimulasi yang tepat. Ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat anak, seperti yang dilansir momjunction.com berikut.

1. Pengulangan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kent State University menyimpulkan bahwa memori akan bekerja lebih baik bila dilakukan pengulangan. Contohnya, ulangi urutan nomor seperti 1,3,5,9,7 kepada anak. Kemudian tanyakan kembali nomor berapa setelah angka tiga. Serta, dapat memperluas urutan angka dari jawaban sang anak. Ulangi tes ini terus-menerus agar anak dapat mempertahankan infomasi jangka pendek dan panjang.

2. Bermain catur

Bermain catur akan membantu anak memperluas ingatannya. Karena permainan ini akan membuat ia melihat semua potongan-potongan informasi dan melihat gambar secara keseluruhan.

3. Keterampilan visual

Mengajarkan keterampilan visualisasi dapat membantu meningkatkan memori kerja anak. Dorong anak untuk memvisualisasikan apa yang baru saja ia lihat dan dengar. Contohnya, mintalah anak menggambar lingkungan sekitarnya.

4. Mintalah ia berbagi dengan mu

Orangtua bisa memintanya menjelaskan pelajaran apa yang telah diajarkan di sekolah. Dengan demikian jadi tahu metode dan materi apa yang bisa dilakukan untuknya.

5. Bermain kartu

Permainan kartu seperti UNO akan meningkatkan memori kerja anak. Permainan ini akan membiarkan anakmu mengingat aturan permainan serta dapat mengingat kartu apa yang ia miliki dan mana kartu lain yang telah dimainkan.

6. Menulis rumus matematika

Anak-anak memiliki memori kerja yang rendah dalam perhitungan saat memecahkan masalah matematika. Jadi, bantulah ia menuliskan rumus matematika untuk membantunya untuk menghafal.

7. Menghubungkan emosi untuk informasi

Memproses informasi di lebih dari satu cara dapat membantu anak mengingatnya. Cobalah dorong anak untuk menghubungkan emosi dengan apa yang coba ia ingat. Misalnya, jika anak sedang belajar tentang bagaimana Piramida dibangun di Mesir, cobalah dorong dia untuk merasakan asyiknya mendaki ke puncak piramida. Studi menunjukkan bahwa metode menghubungkan sesuatu dengan pengalaman secara emosional akan dapat membantu peningkatakan memori.

#changemakers

Loading