Sukses

Parenting

Baik Tidaknya Ekonomi Orangtua Ternyata Berpengaruh pada Kecerdasan Anak

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua adalah tugas yang tak biasa, ada kalanya mengasuh anak itu penuh tantangan, salah satunya adalah membantu perkembangan otak anak, karena lingkungan terdekat anak adalah orangtua, maka dari keluarga juga yang menentukan apakah ia akan memiliki pengetahuan yang luas atau tidak.

Penelitian yang dilakukan di Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology menemukan bahwa anak dengan orangtua dengan penghasilan rendah memiliki pengetahuan yang lebih terbatas dibandingkan anak dengan orangtua dengan penghasilan besar dan status ekonomi yang baik.

Kecerdasan anak didukung status ekonomi orangtua

Peneliti mencatat bahwa ada perbedaan cara komunikasi antara orangtua pada anak karena status ekonomi mereka. Orangtua dengan ekonomi yang baik memiliki cara komunikasi lebih inetraktif dan memberikan fasilitas dan akses ilmu pengetahuan lebih baik pada anak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science ini menyebutkan bahwa tahun-tahun pertama anak mengenal kosakata merupakan momen krusial pembentukan struktur otak dan fungsi kognitif yang membangun kecerdasan dan pengetahuan anak di bidang akademis.

Tentu saja hal ini bukan jadi faktor utama yang menentukan perkembangan anak dan kecerdasannya. Semua tergantung pada bagaimana cara orangtua bisa membangun interaksi dan komunikasi yang baik dengan anak, serta bagaimana orangtua mampu menanamkan pengertian yang baik terhadap pendidikan.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading