Sukses

Parenting

5 Tips Parenting Cerdas Menghadapi Anak di Akhir Pekan

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang mudah jika berhubungan dengan menjadi orangtua bagi anak, terutama jika memasuki hari libur atau akhir pekan. Ya, di hari libur atau akhir pekan, kamu akan menjalani waktu yang lebih banyak bersama anak, sedangkan menghabiskan satu minggu penuh dengan bekerja sudah sangat melelahkan, benar?

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi. Dilansir dari sheknows.com, Selasa (10/3/2020), berikut ini adalah beberapa tips parenting cerdas untuk menghadapi anak di akhir pekan, agar kamu tidak terlalu lelah.

1. Hindari layar gadget sebelum tidur

Ini baik untuk dilakukan kapanpun, terutama di siang hari, ketika kamu berusaha membuat anak tidur siang dengan jadwal teratur seperti hari-hari biasanya. Cahaya dari gadget akan memperingatkan otak anak untuk tetap terjaga, hal yang harus kamu hindari untuk membuat mereka tidur lebih awal.

2. Santai

Jangan berharap anak menyesuaikan diri mereka sendiri, sebagai orangtua kamu bisa membantu mereka mengubah jam tidur secara perlahan. Mulai tidur 15 menit lebih awal selama seminggu, tingkatkan 15 menit lagi seminggu berikutnya, sampai anak merasa tidur menjadi aktivitas yang lebih mudah untuk dilakukan.

 

 

3. Jangan mengubah aktivitas sebelum tidur

Apapun itu, seperti mandi, membaca buku, berbincang di tempat tidur, aktivitas sebelum tidur adalah sinyal yang mengingatkan anak tentang waktu tidur itu sendiri.

4. Mencoba meditasi atau membaca buku sebelum tidur

Cara ini bisa bekerja sangat baik untuk anak yang lebih besar. Coba minta Khususnya untuk anak yang suka tidur larut malam, meditasi bisa sangat membantu untuk menenangkan diri dan tertidur lebih cepat.

5. Hindari makan besar

Hindari makan besar di 2 sampai 3 jam sebelum tidur karena dapat mengganggu tidur. Terutama jangan memberi anak banyak gula sebelum tidur.

Pada akhirnya, semua hanya tentang kebiasaan dan kamu sebagai orangtua harus bisa memahami dan menyesuaikan kebutuhan anak. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

;
Loading