Sukses

Parenting

3 Manfaat Membaca saat Hamil yang Ternyata Luar Biasa

ringkasan

  • Membantu Perkembangan Kemampuan Bahasa Bayi
  • Membantu Ibu Merasa Lebih Rileks
  • Meningkatkan Daya Konsentrasi

Fimela.com, Jakarta Selama kehamilan, penting untuk bisa mengelola kondisi tubuh dan pikiran untuk selalu rileks. Salah satu aktivitas yang bisa dipilih untuk mengurangi stres adalah membaca buku. Tak hanya membaca buku untuk diri sendiri, tetapi juga membaca buku untuk bayi dalam kandungan.

Apakah membaca buku saat hamil ada manfaatnya? Selama ini mungkinĀ  yang lebih sering kita dengar adalah aktivitas berbicara, bernyanyi, dan memainkan musik untuk bayi dalam kandungan yang memberi banyak manfaat. Aktivitas membaca pun begitu. Membaca saat hamil bisa bermanfaat untuk ibu dan bayi yang dikandungnya. Berikut tiga manfaat utamanya.

1. Membantu Perkembangan Kemampuan Bahasa Bayi

Melansir greenchildmagazine.com, membacakan buku pada bayi dalam kandungan bisa membantu perkembangan kemampuan belajar bahasa sejak dini. Aktivitas membaca buku selain bisa bantu membangun kedekatan ibu dan bayi, juga berdampak positif pada kemampuan belajar bahasa pada bayi. Ibu bisa membacakan buku cerita secara nyaring pada bayi dalam kandungan untuk mendapatkan manfaat positifnya.

2. Membantu Ibu Merasa Lebih Rileks

Aktivitas membacakan buku juga dapat membuat ibu merasa lebih rileks. Ada kedekatan yang bisa dibentuk bersama si kecil. Perasaan dekat dan hangat yang dirasakan ibu saat membacakan sebuauh cerita untuk buah hati tercinta akan mengalirkan perasaan tenang. Apalagi jika bayi sudah bisa merespons misalnya dengan menendang atau bergerak-gerak di dalam kandungan saat dibacakan sebuah cerita, maka hal ini bisa menghadirkan perasaan nyaman tersendiri pada ibu.

3. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Melansir beingtheparent.com, saat ibu mulai membacakan buku pada bayi dalam kandungan, bayi akan mulai mengenali suara ibunya. Bayi akan mendengarkan dengan penuh konsentrasi saat mendengar suara ibunya. Sehingga daya konsentrasinya bisa meningkat. Kata-kata yang sering diulang ibu dan didengar janin, nantinya akan tersimpan dalam ingatan bayi dan sangat membantunya untuk belajar dan menguasai kosakata saat ia lahir dan tumbuh besar.

Selama kehamilan, ada baiknya untuk rutin membaca. Tidak hanya membaca untuk diri sendiri tetapi juga membaca atau mungkin mendongeng untuk si kecil dalam kandungan. Semoga infonya bermanfaat, ya moms.

#ChangeMaker

;
Loading