Sukses

Parenting

4 Tips Atur Pola Makan Anak Selama Ramadan agar Puasa Tidak Terasa Berat

ringkasan

  • Puasa setengah hari
  • Jangan biarkan anak makan berlebihan
  • Batasi kegiatan anak

Fimela.com, Jakarta Jika anak diminta langsung berpuasa tentu akan berat, apalagi jika anak sudah terbiasa makan tiga kali sehari dan tanpa batasan minum setiap waktu. Mengubah pola makan anak secara perlahan adalah kuncinya.

Untuk memersiapkan anak agar bisa puasa Ramadan tanpa membuatnya merasa berat menjalankan puasa, perubahan bertahap berikut ini bisa dilakukan.

1. Puasa setengah hari

Meski dulu anak pernah puasa, tentu jika kini memulai lagi dari awal akan susah jika diminta puasa penuh sehari. Jadi untuk membiasakannya, semangati anak untuk puasa setengah hari. Mulai dulu menahan makan hingga jam 10, kemudian bertahap jam 12 atau jam berapa pun sehingga ia bisa puasa sehari setelah terbiasa.

2. Jangan biarkan anak makan berlebihan

Karena konsep puasa yang menahan makan dan minum sehari, tentu akan ada godaan makan banyak dan sepuasnya ketika tiba waktu berbuka. Jangan biarkan anak makan berlebihan karena akan sulit untuk perutnya menyesuaikan diri saat tiba waktunya tidak makan.

3. Beri anak makanan kaya serat saat sahur

Saat makan sahur pastikan asupan makanan anak sehat dan bergizi, terutama yang tinggi protein dan serat karena mampu membuat perut kenyang lebih lama. Makan makanan seperti telur, daging ayam, tahu, tempe, sayuran dan buah, serta kurangi karbohidrat sederhana seperti mie, nasi putih, kue dan berbagai olahan tepung terigu.

4. Batasi kegiatan anak

Agar anak tahan puasa sehari, atur kegiatan anak sehingga tidak mudah membuatnya lelah. Akan lebih baik jika anak tidak banyak aktivitas di luar rumah, terkena panas terlalu lama atau bepergian ke berbagai tempat. Boleh bermain di rumah saja dan jangan berlebihan. Suhu yang panas akan membuat anak mudah haus dan lapar.

Itu dia sekian tips mengatur pola makan anak yang bisa diterapkan untuk anak selama Ramadan agar puasa tidak memberatkan.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with Fimela

;
Loading