Sukses

Parenting

Mengetahui Manfaat Menggambar bagi Anak

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua, kamu mungkin salah satu yang sudah kehabisan ide bagaimana membuat aktivitas menyenangkan untuk anak selama berada di rumah. Tentu ini merupakan tantangan yang baru baik bagi orangtua, maupun anak itu sendiri.

Menggambar mungkin bisa menjadi salah satu aktivitas yang kamu coba selama berada di rumah bersama anak. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggambar bagi anak, seperti dilansir dari kidscountryinc.com, Rabu (29/4/2020).

1. Mengembangkan keterampilan motorik halus

Keterampilan motorik halus termasuk gerakan khusus pada tangan, pergelangan tangan, dan jari. Sebagai orang dewasa, keterampilan motorik halus bisa digunakan untuk mengetik, mengemudi, dan menulis teks, sedangkan untuk anak, cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan motorik halus adalah dengan menggambar.

Menggambar menciptakan umpan balik visual langsung yang berubah tergantung pada alat yang digunakan anak dan bagaimana mereka menggunakannya. Umpan balik ini membantu anak mengidentifikasi cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Membantu analisis visual

Anak cenderung belum bisa memahami konsep jarak, perbandingan ukuran, dan perbedaan tekstur. Menggambar memberi kesempatan bagi anak untuk mempelajari konsep-konsep tersebut. Minta anak untuk menggambar sesuatu yang berkaitan, seperti barang yang besar dan kecil, kasar dan halus, atau jauh dan dekat.

 

 

3. Membantu membangun konsentrasi

Menggambar juga memberi kesempatan pada anak untuk berkonsentrasi. Konsentrasi sangat penting bagi keberhasilan akademis anak.

4. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Selain meningkatkan keterampilan motorik halus, menggambar juga memungkinkan anak untuk menghubungkan antara apa yang mereka lihat dan lakukan. Koordinasi antara tangan dan mata ini penting untuk kondisi atletik, rekreasi, dan akademik, seperti pelajaran menulis.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Anak juga bisa memiliki kesempatan untuk membuat representasi fisik dari imajinasi, pemikiran, dan pengalamannya. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Menggambar membantu anak merasakan lebih banyak motivasi intrinsik, harga diri, dan validitas. Penegasan inilah yang akan membuat anak lebih percaya diri dalam bidang apapun.

6. Mengajarkan tentang pemecahan masalah secara kreatif

Menggambar juga dapat mendorong anak menyelesaikan masalah secara kreatif. Ketika menggambar, anak harus menentukan cara terbaik untuk menghubungkan bagian-bagian tubuh mereka, menggambarkan emosi, dan tekstur tertentu. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

;
Loading