Sukses

Parenting

5 Tips Bicara pada Anak tentang Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Bicara pada anak tentu memiliki cara dan tantangan tersendiri, terutama jika kamu ingin membuka pembicaraan tentang pandemi virus corona yang saat ini terjadi. Anak mungkin belum memahami apa itu pandemi, namun mereka bisa merasakan perubahan yang terjadi secara emosional.

Dilansir dari huffpost.com, Jumat (8/5/2020), berikut ini adalah beberapa tips bicara pada anak tentang pandemi. Penasaran?

1. Menulis surat

Kamu bisa mengajak anak untuk menulis surat. Tanyakan pada anak apa yang mereka rasakan saat ini atau sebaliknya minta anak untuk menanyakan hal yang sama padamu. Pertanyaan anak bisa mengungkapkan apa yang sebenarnya sedang mereka rasakan saat ini.

2. Menggunakan permainan

Gunakan permainan sembunyi di rumah agar anak tidak bertanya-tanya mengapa mereka tidak boleh keluar rumah atau bermain dengan teman-teman mereka selama pandemi. Permainan adalah pendekatan yang kuat karena merupakan aspek penting dari perkembangan masa kecil anak dan cara penting bagi orangtua agar lebih terikat dengan anak mereka.

3. Biasakan menawarkan permintaan yang sederhana dan konsisten

Minta anak untuk menyebutkan satu hal baik dan satu hal buruk dari hari mereka. Di masa pandemi ini, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk membuka perasaan anak, mengenal mereka lebih dekat.

4. Mulailah lebih dulu

Bagaimana menghadapi anak yang tidak suka membicarakan tentang perasaannya? Cobalah mulai dari dirimu sendiri, bicarakan apa yang kamu rasakan.

Melihat orangtuanya terbuka, maka anaka akan mulai bicara tentang diri mereka sendiri. Ungkapkan perasaanmu terlebih dahulu agar anak mau mengungkapkan perasaan mereka.

5. Puisi

Ada penelitian yang menyarankan puisi dapat membantu seseorang memasuki emosi yang lebih dalam. Atau kamu bisa memberi anak jurnal sebagai tempat mereka mengatasi perasaan dengan lebih aman.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Ruang Belajar Nyaman untuk Anak dan 7 Cara Mendekorasinya