Sukses

Parenting

6 Rekomendasi Olahraga Bersama Bayi dan Anak Saat Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Upaya mencegah penyebaran virus corona salah satunya dengan tetap tinggal di rumah saja. Tentu situasi ini sangat membatasi ruang gerak dan aktivitas tubuh yang berdampak pada ganggunan kesehatan seperti obesitas, hipertensi, diabetes hingga gangguan jantung.

Karena itu kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan, kebugaran kita, dan menghilangkan rasa bosan akibat tinggal di rumah dengan kegiatan yang berkualitas. Pemecahan masalahnya adalah dengan melakukan olahraga bersama dengan bayi ataupun anak kita dan tentunya dengan menggunakan berbagai peralatan yang ada di sekeliling ruangan kita seperti pada dinding, lantai, sofa, ranjang, meja sehingga anjuran pemerintah untuk “Tetap tinggal di rumah” dapat tetap dipatuhi. 

dr. Michael Triangto, SpKO mengatakan sebelum melakukan program olahraga tersebut, tentunya perlu dimengerti terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan kegiatan tersebut yaitu untuk kesehatan dan karena akan dilakukan bersama dengan bayi dan anak kita maka di dalam latihan tersebut harus memiliki unsur permainan sehingga keceriaan haruslah menjadi ciri khas dari olahraga tersebut.

Hal lainnya adalah bagaimana kita mampu mengaplikasikan program olahraga yang sudah ada sebelumnya dalam bentuk lebih sederhana agar tetap mampu mempertahankan kesehatan tubuh.

Adapun manfaat berolahraga bersama bayi dan anak ini akan dirasakan oleh para orang dewasa, karena keberadaan anak juga bayi akan menjadi teman saat berolahraga selain itu juga bermanfaat bagi bayi dan anak, karena bentuk latihan tersebut secara langsung akan melatih kemampuan gerak motorik tubuh, mendekatkan hubungan fisik maupun psikologis antara orang tua dan anak dan memperkenalkan dengan berbagai bentuk latihan.

"Dengan demikian anak akan belajar untuk menirukan berbagai gerakan latihan yang dilakukan orang tuanya yang tentunya akan bermanfaat jika sampai pada waktunya mereka mulai berolahraga secara serius," ujar dr. Michael Triangto

Latihan aerobik bersama dengan bayi dan anak Jenis olahraga aerobik dapat dengan diakukan dengan berjalan bersama dengan anak berkeliling ruangan ataupun berdansa bersama bayi seperti di bawah ini.

Latihan anaerobik

Latihan anaerobik bertujuan melatih kekuatan dan daya tahan otot-otot tubuh di bagian -bagian tertentu. 

Sit -Up

Melatih otot-otot lengan, dada dan torso

Crunch

Melatih otot-otot perut

Plank

Melatih daya tahan otot tubuh

Squat

Melatih otot bokong dan tungkai

Bridge

Melatih otot-otot bokong

Leg Extention

Melatih otot tungkai atas

Dari berbagai latihan olahraga diatas bila dilakukan secara terprogram, terukur, teratur dan berkelanjutan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental, karena itu di saat pandemi Covid-19 ini diharapkan menjadi titik balik dalam memotivasi diri untuk menjalani hidup sehat dengan beraktivitas fisik secara benar dan juga mendidik bayi dan anak-anak untuk mulai berolahraga agar dimasa dewasa mereka dapat hidup sehat secara mandiri.

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Beri Kenyamanan Maksimal, Berikut Cara Tepat Memilih Cairan Pewangi Pakaian untuk Bayi
Artikel Selanjutnya
6 Tips Membuat Anak Nyaman dan Betah Saat Memakai Masker