Sukses

Parenting

Tips Memilih Camilan MPASI Sehat untuk Anak

ringkasan

  • Camilan anak juga harus mengandung nutrisi yang lengkap untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya
  • Camilan organik yang mengandung zat besi dan kalsium dapat menjadi salah satu pilihan untuk anak.

Fimela.com, Jakarta Perkenalan momen makan pertama Si Kecil dapat dimulai dari MPASI yang memiliki tekstur lembut dan berlanjut pada MPASI yang memiliki tekstur lebih kasar. Hal ini disebabkan Si Kecil mulai beradaptasi dengan makanan padat dan melatih keterampilan makan (Oromotor Skills).

Adapun jadwal makan utama MPASI yaitu tiga kali dalam sehari pada waktu pagi, siang dan malam. Kemudian, makanan camilan diberikan sebanyak dua kali di luar waktu makan utama, yaitu menjelang siang dan sore hari. Namun, frekuensi dan porsi camilan Si Kecil masing-masing tidak sama, bisa cukup dua kali sehari, tetapi bisa juga lebih.

Selain makanan utamanya yang bernutrisi, camilan anak juga harus mengandung nutrisi yang lengkap untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Beberapa nutrisi yang penting dan dibutuhkan Si Kecil adalah zat besi dan kalsium. Setelah usianya lebih dari 6 bulan, Si Kecil membutuhkan zat besi yang cukuptinggi, namun kurang memadai jika hanya dipenuhi oleh ASI, karena kandungannya yang hanya 0.3 mg zat besi/harinya, sementara kebutuhan zat besi bayi usia 6-12 bulan adalah 11 mg per hari lebih tinggi dari kebutuhan anak berusia 1-3 tahun yang membutuhkan zat besi lebih sedikit, yaitu 7 mg per hari.

Kebutuhan zat besi dan kalsium tersebut dapat Bunda penuhi dari makanan utama Si Kecil. Namun kandungan pada snack atau camilan Si Kecil, juga dapat membantu kebutuhan gizi hariannya. Misalnya fungsi zat besi untuk Si Kecil adalah untuk pembentukan hemoglobin darah dan mencegah anemia.Sedangkan, fungsi kalsium adalah untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium jugadibutuhkan untuk otot, jantung, saraf, dan organ tubuh lainnya sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Camilan organik

Dari berbagai banyaknya camilan untuk si kecil, camilan organik yang mengandung zat besi dan kalsium dapat menjadi salah satu pilihan untuk anak.

Head of Medical KALBE Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan, camilan organik tentunya terbuat dari bahan-bahan organik yang diproses secara alami. Makanan dari bahan organik dapat membantu menurunkan risiko gangguan pada kesehatan Si Kecil dalam jangka panjang.

“MPASI berbahan organik bisa sebagai salah satu pilihan untuk Si Kecil, dimana MPASI organik tersebut berasal dari pertanian dan diproses secara alami dan natural sehingga baik untuk ekosistem, juga memiliki antioksidan yang lebihbanyak bagi kesehatan Si Kecil,” papar dr. Muliaman.

Untuk melengkapi kebutuhan Si Kecil akan nutrisi di masa pengenalan makanan semi padat ini, Milna sebagai ahlinya makanan bayi selama lebih dari 30 tahun, meluncurkan Milna Nature Puffs Organic sebagai camilan sehat berbahan organik. Milna Nature Puffs Organic memiliki kandungan sumber zat besi yang membantu pembentukan hemoglobin darah dan tinggi kalsium yang dapat membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bebas gluten sehingga terhindar dari risiko alergi dan hipersensitif makanan.

"Milna Nature Puffs Organic ini juga bebas gluten sehingga mengurangi munculnya risiko alergi dan hipersensitif pada makanan. Memiliki tekstur yang lembut, mudah lumer di mulut dan diproses tanpa pengawet, pemanis buatan, penguat rasa dan pewarna sintesis," papar Christofer Samuel Lesmana, Business Unit Head for Baby and Kids Food Category KALBENutritionals.

#Changemaker

;
Loading