Sukses

Parenting

Begini Cara Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Ada banyak kondisi kesehatan yag menyebabkan seorang perempuan hamil kehilangan nafsu makannya. Umumnya karena masalah perubahan hormon sehingga sering muncul morning sickness, mual dan muntah yang tidak terkendali di awal kehamilan.

Pada akhirnya nafsu makan pun kacau, sedangkan saat hamil ibu perlu mendapatkan asupan gizi yang cukup dari makanan agar bisa membantu pertumbuhan janin yang sehat. Lalu bagaimaba cara mengatasinya? Ikuti tips berikut ini.

1. Makanan yang paling diinginkan

Karena nafsu makan menurun dan bahkan banyak yang mengaku sering muntah jika melihat atau mencium aroma makanan tertentu, ada baiknya jika mengutamakan makanan yang paling diinginkan bumil pada saat itu. Maunya makan apa, itu dulu yang harus dimakan. Paling tidak ada makanan yang masuk ke dalam perut dan bisa diproses oleh tubuh. Jangan biarkan perut ibu hamil kosong.

2. Perbanyak minum air

Banyak minum air putih akan mengurangi mual dan muntah serta mencegah tubuh dehidrasi. Pastikan ibu hamil tidak dehidrasi karena bukan hanya bisa membahayakan dirinya sendiri tapi juga bayi di dalam kandungan. Turuti mau ibu, jika suka minum air yang agak dingin karena bisa mengurangi mual dan gerah, tidak masalah sesekali minum air dingin. Jika memungkinkan, bisa minum jus atau smoothies buah.

3. Konsumsi vitamin atau suplemen makanan

Karena makanan sulit masuk ke dalam perut, ada baiknya berjaga-jaga dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen agar kebutuhan tubuh tetap terpenuhi.

4. Coba makan dalam porsi kecil

Jika makan porsi biasa membuat bumil mual, makanlah dalam porsi kecil setiap hari, secukupnya hingga batas perut tidak mual. Jika sudah mulai mual, segera hentikan agar makanan tidak kembali keluar.

5. Prioritaskan makanan bergizi

Jika sudah mulai bisa makan, jangan makan sembarangan. Utamakan makanan kaya protein dan lemak sehat seperti telur rebus, dada ayam matang, olahan ikan dan susu. Ikuti dengan makanan berserat seperti buah dan sayur.

Itu dia sekian cara yang bisa dilakukan jika tubuh kehilangan nafsu makan saat hamil. Jika mengalami mual dan muntah parah hingga tubuh lemas, segera periksakan ke dokter ya Mom.

#ChangeMaker with Fimela

;
Loading