Sukses

Parenting

5 Manfaat Aktivitas Mewarnai bagi Tumbuh Kembang Anak

ringkasan

  • Membangun Koordinasi Tangan dan Mata
  • Melatih Kesabaran Sekaligus Menenangkan
  • Merangsang Daya Kreativitas

Fimela.com, Jakarta Aktivitas mewarnai merupakan aktivitas yang terbilang simpel dan mudha dilakukan oleh anak-anak. Mewarnai merupakan aktivitas yang seru karena bisa dilakukan sembari bermain dengan berbagai jenis warna. Selain itu, mewarnai juga bisa memberi banyak manfaat positif bagi tumbuh kembang anak.

Mewarnai bisa membangkitkan imajinasi dan menghadirkan kesempatan untuk mengekspresikan diri. Kegiatan menorehkan warna, memilih warna, dan mengisi berbagai bidang gambar dengan warna berdampak positif pada tumbuh kembang anak. Berikut ini beberapa manfaat aktivitas mewarnai yang dirangkum dari momjunction.com.

1. Membangun Koordinasi Tangan dan Mata

Kemampuan koordinasi dasar seperti memegang krayon dan mengaplikasikan warna ke dalam bidang gambar bisa berdampak sangat positif. Mengisi bidang gambar dengan warna tertentu membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata pada anak. Proses pemilihan warna dan penggunaan pewarna juga dapat meningkatkan kemampuan koordinasi tersebut.

2. Melatih Kesabaran Sekaligus Menenangkan

Mewarnai dapat membantu anak belajar kesabaran. Saat mewarnai, anak akan berlatih sabar sekaligus mendapatkan perasaan tenang serta nyaman. Anak-anak bisa mewarnai aneka bentuk dan bidang sesuai keinginan mereka. Hal ini akan memberi anak perasaan puas dan senang karena bisa membuat pencapaian sendiri.

3. Melatih Daya Konsentrasi

Fokus adalah pelajaran penting yang bisa didapat anak dari mewarnai. Anak-anak yang suka mewarnai dan bisa berlama-lama dalam kegiatan mewarnai bisa memiliki kemampuan konsentrasi yang lebih baik. Dalam mewarnai, anak-anak juga akan belajar mengenali batas-batas pada bidang yang diwarnai. Hal ini juga dapat membantu anak untuk lebih cepat belajar menulis.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Aktivitas rutin mewarnai dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Berhasil menyelesaikan satu gambar atau bidang untuk diwarnai, anak akan merasa berhasil membuat pencapaian baru. Hal ini kemudian akan sangat membantu mereka dalam meningkatkan rasa percaya diri mereka.

5. Merangsang Daya Kreativitas

Mewarnai memberi anak-anak kesempatan untuk mengekspreiskan sisi kreatif mereka. Anak akan menciptakan dunia imajiner di dalam pikirannya sebelum menuangkan warna-warna pilihannya di kertas. Anak pun akan memilikirkan berbagai macam kombinasi warna yang bisa dipilih untuk karyanya. Mewarnai bisa menjadi media yang tepat untuk bereskpresi.

Kemampuan motorik anak juga bisa meningkat dengan mewarnai. Gerkaan mewarnai dan membuat kombinasi warna bisa melatih perkembangan otot-otot pergelangan tangan, jari, dan tangan anak. Wah, ternyata aktivitas mewarnai bisa berdampak sangat positif pada tumbuh kembang anak, ya.

#ChangeMaker

;
Loading