Sukses

Parenting

5 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak saat New Normal

Fimela.com, Jakarta Menjaga daya tahan tubuh atau imunitas di masa pandemi virus corona ini memang sangat penting apalagi bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan imunitas rendah akan mudah terkena penyakit.

dr. Frieda Handayani, dokter spesialis anak mengatakan imunitas rendah menyebabkan anak mudah sakit, efeknya si kecil akan males makan yang berakibat penuruan berat badan. Ia juga menyampaikan imunitas berpengaruh juga pada pencernaan si kecil.

"Saluran cerna itu otak kedua manusia. Maka jika imunitas rendah pencernaan pun akan terganggu. Jadi apa yang dimakan harus diperhatikan untuk menjaga daya tahan tubun anak," ujar dr. Frieda dalam acara Nutrilon Royal X Fimela pada Sabtu (13/06).

dr. Frieda menambahkan daya tahan tubuh yang rendah dalam jangka panjang akan menyebabkan malnutrisi yang akan memengaruhi perkembangan anak. "Tumbuh kembang anak akan gagal jika daya tahan tubuh rendah karena tidak mendapatkan nutrisi karenan usus justru akan selalu menyerap nutrisi yang tidak baik, jadi anak tidak bertubuh berat badan kurang, tinggi badan pun tidak bertambah," paparnya.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh

dr. Frieda mengatakan butuh kesimbangan dalam menjaga daya tahan tubuh terutama saat new normal. Ada beberapa faktor yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Nutrisi

Nutrisi tepat dan seimbang tentu dapat menjaga daya tahan tubuh si kecil. Komposisi lengkap dan sehat seperti konsumsi lemak, karbohidrat, protein, serat yang bisa didapatkan dari buah dan sayur, serta tambahan susu.

"Jadi dalam satu piring anak misal usia 4 tahun bisa 120 gram nutrisi dalam sehari. Bisa ditimbang jika bingung," tuturnya.

Konsumsi susu dalam sehari pun harus sesuai dengan usia. Misalnya 6-12 bulan 1000 cc, 3 tahun 900 cc, 7 tahun 250 ml. Semakin besar usia semakin berkurang karena diharuskan untuk makan-makanan padat. "Susu sudah lengkap nutrisinya dari vitamin A, Zinc untuk meningkatkan imunitas, dan zat besi untuk masa otot," tambahnya.

Bisa juga konsumsi minyak ikan yang mengadung omega 3 dan 6, untuk kecerdasan anak.

2. Istirahat yang cukup

Tidur cukup dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. dr. Frieda mengatakan ada baik untuk mengurangi jatah main gedget anak, sehari maksimal 2 jam dalam sehari sebab sinar biru di smartphone dapat membuat anak sulit tidur.

3. Kelola stres

Buat suasana di rumah menyenangkan, sebab hormon bahagia dapat meningkatkan imunitas anak. "Jadi anak jangan sampai stres itu pengaruh kepada daya tahan tubuhnya," ucapnya.

4. Kebersihan

Di situasi pandemi ini, ajarkan anak rajin cuci tangan dengan air dan sabun. Lalu pakai masker bila ke luar rumah. Begitu dengan kebersihan sanitasi.

5. Olahraga

Ajak anak olahraga, sebab bukan hanya membuat anak sehat melainkan dapat membuat bahagia. Dengan begitu daya tahan tubuh si kecil akan terjaga.

"Daya tahan tubuh tidak bisa berdiri sendiri, ada banyak faktor pendukung yang harus dilakukan untuk menjaga imunitas. Saat new normal, baiknya anak masih tetap di rumah sampai angka kejadi menurun," tutup dr. Frieda

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Membantu Anak untuk Tumbuh Lebih Cerdas
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Baik Pelukan pada Anak, Cegah Tantrum hingga Obati Luka