Sukses

Parenting

Bukan Liburan Biasa, 4 Manfaat Babymoon bagi Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Para ibu hamil mungkin cukup familier dengan istilah babymoon. Babymoon bisa diartikan sebagai melakukan perjalanan atau liburan berdua bersama pasangan sebelum menyambut kelahiran anak. Bagi yang merasa perlu dan mampu menjadwalkan babymoon, maka tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu khusus untuk melakukannya.

Bukan liburan biasa, babymoon bila dilakukan dengan tepat bisa memberi banyak manfaat bagi ibu hamil. Melansir edit.sundayriley.com, babymoon lebih dari sekadar alasan untuk mencari udara segar. Sejumlah manfaat positif bisa diperoleh dari melakukan babymoon bersama pasangan tercinta.

1. Memperkuat Hubungan dengan Suami

Rachel O'Neill, Ph.D.m seorang konselor klinis profesional yang bebrasi di Ohia dan terapis Talkspace mengungkapkan bahwa salah satu manfaat terbaik babymoon adalah menciptakan kesempatan kepada pasangan untuk fokus pada hubungan mereka. Setelah buah hati, pastinya akan ada sejumlah perubahan yang terjadi. Agar lebih siap menyambut berbagai perubahan yang ada, maka perlu kembali memperkuat hubungan dengan suami. Mengatur kembali dan menyesuaikan prioritas-prioritas baru yang akan dibuat setelah buah hati lahir.

2. Meredakan Stres

Stres bisa memberi dampak negatif pada tubuh ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan. Menyiapkan diri untuk melahirkan bisa cukup bikin stres. Mempersiapkan diri untuk menjalani peran baru sebagai seorang ibu juga bisa memberi beban tersendiri. Dengan meluangkan waktu untuk babymoon, ibu hamil bisa lebih rileks dan terbantu untuk meredakan stresnya.

3. Mendokumentasikan Momen Berharga

Terlebih bila ini pengalaman kehamilan pertama, maka segala sesuatunya akan terasa baru dan berharga. Setiap momen yang dilewati akan terasa sangat istimewa. Melakukan babymoon akan menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk mendokumentasikan momen berharga mendekati kelahiran sang buah hati.

4. Meningkatkan Peluang Persalinan Lebih Lancar

Babymoon bisa jadi momen romantis untuk berhubungan intim dengan suami. Melansir thehealthsite.com, berhubungan seks bisa bantu meningkatkan kadar antibodi Immunoglobulin A (IgA) yang dapat memperkuat imunitas tubuh. Bagi ibu hamil penting untuk memiliki kekebalan tubuh yang tinggi agar tidak gampang jatuh sakit. Selain itu, Makin intim dengan suami bisa meningkatkan produksi oksitosin. Seperti yang diketahui salah satu fungsi hormon ini adalah membantu proses persalinan jadi lebih lancar tanpa komplikasi dan sedikit rasa sakit.

Selama tidak memberatkan, babymoon bisa dilakukan untuk mendapatkan sejumlah manfaat di atas. Selalu komunikasikan dengan pasangan bila punya keinginan atau rencana melakukan babymoon.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Menstimulasi Motorik Anak dengan Camilan Bernutrisi
Artikel Selanjutnya
Mengintip Pola Asuh Anak Berdasarkan Zodiak Sang Ibu