Sukses

Parenting

5 Jenis Tangisan Bayi dan Arti di Setiap Tangisannya

Fimela.com, Jakarta Saat bayi menangis, kita sebagai orangtua biasanya akan bingung dan panik. Terlebih bila kita masih belum punya banyak pengalaman mengasuh dan membesarkan bayi sebelumnya. Biasanya kita langsung frustrasi saat mendapati bayi menangis.

Menangis merupakan cara bayi untuk berkomunikasi. Mengutip buku Parenting tanpa Galau, tangisan bayi akan memberi tahu bahwa ia sedang butuh sesuatu. Muungkin butuh makan karena lapar, butuh segera diganti popoknya karena basah, dan sebagainya. Secara umum tangisan bayi bisa dibedakan jadi lima. Berikut keterangannya.

1. Tangisan Terdengar Merengek dan Melengking Panjang

Ini tandanya bayi sedang lelah atau mengantuk. Apabila bayi menangsi dengan suara yang terdengar merengek dan disertai lengkingan panjang, ada kemungkinan dia butuh istirahat. Segera gendong dan istirahatkan si kecil di tempat yang nyaman.

2. Tangisan dengan Nada Rendah

Tangisannya terdengar rendah dan ada suara seperti "neh". Ada kemungkinan besar si kecil sednag lapar. Biasanya ia juga akan menunjukkan gerakan seperti membuka mulut dan mencoba mengisap jari tangannya.

3. Menangis dengan Gerakan Menarik-narik Kaki ke Dada

Apakah tangisan si kecil disertai dengan gerakan menarik-narik kakinya ke dada? Ini bisa jadi pertanda ia ingin bersendawa. Bantu si kecil untuk mengeluarkan udara dari dalam rongga dadanya. Caranya dengan menggendong atau menggosok punggungnya dengan lembut.

4. Suara Tangisan Semakin Lama Semakin Keras

Perhatikan apakah tangisan si kecil semakin semakin keras. Jika iya, besar kemungkinan ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Mungkin popoknya basah, tubuhnya kepanasan, ingin buang air besar, atau ada bagian tubuhnya yang gatal. Langsung cek setiap bagian tubuh serta popoknya untuk mencari tahu penyebab atau hal yang membuatnya tidak nyaman.

5. Mendadak Menjerit

Tangisan berlangsung terus menerus dan mendadak menjerit dengan intonasi tinggi. Bila hal ini terjadi, kita harus segera mengecek tubuhnya sebab tangisan seperti ini umumnya pertanda si kecil sedang sakit. 

Memahami arti di balik setiap jenis tangisan bayi memang tidak selalu mudah. Butuh kesabaran dan kepekaan tersendiri untuk memahami dan membedakannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Moms agar tidak mudah panik saat menghadapi tangisan si kecil.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Sejarah di Balik Hari Ayah Internasional yang Dirayakan Beberapa Negara
Artikel Selanjutnya
Melatih Anak Disiplin, Tentukan Cara Terbaik untuk Melakukannya