Sukses

Parenting

4 Cara Mengajarkan Anak Menulis Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Sebagai orang tua, kita semua ingin mendorong anak-anak kita untuk mempelajari keterampilan yang mereka butuhkan untuk seumur hidup mereka. Belajar menulis, membaca dan lainnya adalah keterampilan yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak, terlebih bagi mereka pada usia prasekolah. Namun, mengajarkan anak menulis tidak hanya untuk anak-anak prasekolah, mengajarkan anak menulis sejak dini juga dapat dilakukan para orang tua. 

Para orang tua dapat mulai memperkenalkan keterampilan menulis kepada si kecil sejak dini. Mungkin sebagian orang tua penasaran bagaimana mengajarkan anak membaca dan menulis. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk membantu anak untuk belajar menulis.

Pertimbangkan Perkembangan Motorik Anak

Jika para orang tua mengikuti perkembangan motorik anak, ini dapat dijadikan sebagai acuan, kapan anak dapat mengembangkan keterampilan mereka untuk melihat apa yang harus mereka capai berdasarkan usianya. Jika anak terlalu dini untuk memegang pensil atau krayon, mungkin ini belum waktunya untuk mulai memperkenalkan cara menulis, ada baiknya untuk memperkenalkan kata-kata dalam bentuk lisan.

Berikan Alat Tulis Ukuran Lebih Besar

Berikan anak krayon, spidol atau pena dengan ukuran yang lebih besar untuk digenggam oleh anak. Anak berusia 3 tahun harus dapat memegang dan mewarnai dengan krayon, spidol atau pensil biasa. Tetapi anak yang berusia dia bawah 3 tahun, dapat memegang krayon yang lebih besar dengan alasan mereka akan lebih stabil dengan ukuran benda yang lebih besar. Desain pensil warna yang lebih besar memudahkan balita untuk memegang dan mulai menggambar di atas kertas.

Ajarkan dengan Permainan Kata

Ada banyak cara untuk memperkenalkan konsep kata-kata kepada anak. Tulislah beberapa huruf agar agar mudah di pahami oleh si kecil. Bila perlu ajarkan untuk menuliskan nama mereka. Buatlah kartu dengan bentuk huruf, ini akan memudahkan anak belajar kata dan menuliskan kata yang mereka pelajari.

Berikan Mereka Kebebasan

Walau pun mungkin tergoda untuk mencoba membimbing anak merangkai kata saat mereka berusia 2 tahun, salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk anak adalah dengan memberikan mereka kebebasan. Biarkan mereka mengeksplorasi apa arti menulis sendiri. Mereka mungkin akan meniru hal-hal yang telah Mom ajarkan atau mencoba menulis kata-kata dari buku mereka sendiri.

Sebelum mengajarkan anak menulis, langkah awal adalah mengenalkan mereka kata-kata dan membantu mereka untuk membaca. Lakukan semua dengan tahapan yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. Buatlah kegiatan belajar menjadi menyenangkan supaya anak lebih nyaman dan bersemangat untuk belajar.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading