Sukses

Parenting

Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi Ibu Menyusui

Fimela.com, Jakarta Air susu ibuĀ adalah makanan utama bagi bayi. Karena ASI adalah sumber makanan utama bagi bayi, sehingga seorang ibu harus mengonsumsi makanan bergizi.

Beberapa masalah yang sering dialami ibu menyusui adalah ASI tidak lancar. ASI yang tidak lancar bisa disebabkan karena stres, kurang tidur dan makanan yang dikonsumsi kurang bernutrisi. Untuk menambah nutrisi dan menjaga kesehatan ibu saat menyusui, harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral, yang bisa membantu ASI lancar.

Berikut wakanan wajib yang harus dikonsumsi ibu menyusui, agar ASI lancar dan lebih sehat, dirangkum dari berbagai sumber:

Sayuran Hijau

Makanan wajib yang harus dikonsumsi ibu menyusui, adalah makanan yang mengandung sayuran hijau, untuk membantu menyehatkan ibu saat sedang menyusui.

Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin dan mineral, dan juga memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. MineralĀ yang terkandung di dalam sayuran hijau adalah folat, zat besi, kalsium dan magnesium yang tinggi.

Kandungan yang terdapat di dalam sayuran hijau,Ā bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan anak, agar terhindar dari serangan penyakit.

Ikan Salmon

Ibu yang sedang menyusui, wajib mengonsumsi ikan salmon, agar ibu dan bayi tetap sehat. Ikan salmonĀ memiliki kandungan yang kaya akan DHA. Kandungan ini sangat baik untuk tumbuh kembang bayi, terutama sistem saraf bayi.

Kandungan DHA dalam salmon jugaĀ bisa membantu mengurangi stres ibu, dan mencegah depresi saat menyusui, jadi bisa membantu memperlancar ASI ibu.Ā 

Kacang-kacangan

Makanan wajib yang harus dikonsumsi ibu menyusui, yaitu jenis kacang-kacangan. Karena kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan ibu menyusui.

Kacang memiliki kandungan zat besi dan tinggi protein. SehinggaĀ tambahkanĀ kacang-kacangan ke dalam menu makanan ibu menyusui, seperti kacang hitam atau kacang merah.

Ā 

Buah Beri

Buah beri-berian juga wajib dikonsumsi saat ibu menyusui. Seperti buah rasberi, blueberi dan stroberi. Buah beri-berian memiliki kandungan vitamin dan mineral, yang bisa membantu melancarkan ASI, dan menjaga kesehatan ibu.

Selain itu, buah beri-berian juga memiliki kandungan antioksidan, yang bisa mencegah ibu terserang penyakit.

Air Putih

Selain makanan, air putih juga wajib dikonsumsi ibu menyusui, agar tidak dehidrasi. Saat menyusui, pasti seorang ibu membutuhkan banyak asupan cairan, untuk memproduksi ASI.

Maka konsumsilah air putih minimal 8 gelas sehari, untuk membantu meningkatkan produksi ASI, dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading