Sukses

Parenting

Panduan untuk Orangtua dan Anak, Ini 5 Tips Persiapan Sekolah Online Hari Pertama yang Perlu Diketahui

Tepat pada hari Senin(13/7) merupakan hari pertama tahun ajaran 2020/2021 bagi siswa-siswi di Indonesia, dilansir dari Liputan6.com. Beberapa daerah sudah bisa membuka sekolah secara langsung dan beberapa lainnya masih harus dilaksanakan secara online, sesuai dengan status zona penangan Covid-19 pada tiap daerahnya. Hal ini terjadi karena wabah Covid-19 sampai detik ini masih belum bisa teratasi.

Tentu akan ada kekhawatiran yang besar ketika tahun ajaran baru dibuka dengan memperbolehkan siswa belajar langsung ke sekolah. Hal yang ditakutkan ialah munculnya kluster baru dari kegiatan pembelajaran di sekolah dan akhirnya mengancam keselamatan banyak siswa. Oleh karena itu, sekolah online masih menjadi alternatif andalan yang terus digunakan.

Memulai tahun ajaran baru ditengah pandemi Covid-19 pastinya jangan sampai menyurutkan semangat belajar. Walaupun sekolah atau kegiatan belajar mengajar masih terbatas secara online, persiapan di hari pertama sekolah harus tetap dilakukan. Persiapan ini sangat berpengaruh nantinya terhadap proses belajar itu sendiri.

Oleh karena itu, Fimela.com kali ini akan membagikan 5 tips persiapan sekolah online hari pertama yang perlu diketahui. Tips ini akan sangat berguna bagi orangtua dan anak agar persiapan menjadi matang. Simak semua tips-nya berikut ini.

Buat Suasana Kegiatan Belajar Kondusif Bagi Anak

Tips persiapan sekolah online hari pertama ialah mengupayakan agar anak senantiasa selalu mendapatkan suasana yang kondusif saat kegiatan belajar mengajar secara online berlangsung. Pertama yang menjadi pekerjaan rumah bagi orangtua dan guru ialah menciptakan suasana yang menyenangkan saat belajar secara online agar anak pun tetap semangat dan tidak merasa sedih karena mereka belum bisa bersekolah secara langsung.

Orangtua dan guru perlu memastikan bahwa anak yang sedang mengikuti pembelajaran online dalam keadaan senang dan gembira. Emosi positif tersebut nantinya juga akan membuat anak lebih mudah memahami pelajaran karena ia tidak tertekan dengan kondisi belajar yang maish serba online.

Memastikan Semua Peralatan Pendukung Belajar Online Siap Untuk Digunakan

Selanjutnya, tips kedua untuk persiapan sekolah online di hari pertama yang wajib diperhatikan oleh setiap orangtua ialah memastikan perangkat pendukung kegiatan belajar secara online dalam keadaan baik dan siap digunakan. Salah satu kendala yang sering dihadapi ketika proses pembelajaran dilakukan secara online ialah kendala teknis.

Adapun kendala teknis tersebut seperti jaringan yang tidak stabil, paket data, hingga computer atau laptop yang bermasalah. Oleh karena itu, sebelum memulai proses belajar, ada baiknya pada malam hari atau hari-hari sebelumnya, orangtua sudah mengamankan kendala teknis yang bisa terjadi pada saat anak akan memakainya.

Pilih Spot yang Nyaman Untuk Memulai Kegiatan Sekolah Online

Ketiga, hal lain yang juga perlu dipersiapkan untuk memulai proses belajar secara online pada hari pertama tahun ajaran baru ialah spot yang strategis untuk anak. Carilah spot terbaik di rumah yang nyaman dan aman untuk anak memulai hari pertamanya. Walaupun terkesan sepele, memilih spot bisa memberikan energi baru yang positif pada anak.

Bisa memilih ruang tamu dengan mendekornya secara khusus agar menjadi tempat belajar yang kondusif dan nyaman. Bisa juga memilih halaman depan rumah yang dihiasi tanaman-tanaman cantik sehingga anak sekaligus bisa melihat pemandangan indah dan menghirup udara segar dari rumah.

Siapkan Camilan dan Minuman Favorit

Berikutnya, selain memilih spot dan memastikan semua peralatan pendukung siap digunakan oleh anak, orangtua bisa menyiapkan makanan atau camilan favorit anak agar suasana belajar semakin menyenangkan. Menyiapkan makanan atau camilan favorit pasti membuat anak bahagia dan secara otomatis menambah semangat untuk memulai hari pertamanya belajar.

Sebagai rekomendasi, orangtua bisa menyiapkan camilan kering yang sehat seperti biskuit, cookies, cupcake, atau pancake. Hindari makanan-makanan yang berkuah karena rawan kotor atau tertumpah pada buku maupun perangkat yang sedang digunakan untuk proses belajar anak.

Pendampingan dan Pengawasan Orangtua Selama Proses Belajar Berlangsung

Terakhir, tips persiapan sekolah online hari pertama akan semakin sukses ketika selama prosesnya orangtua ikut mendampingi dan mengawasi anak. Hal ini bukan hanya menjadi sebuah tanggung jawab tetapi juga merupakan sikap kepedulian pada anak sehingga ia tidak merasa sepi ataupun mudah bosan.

Dampingi proses belajar anak, pantau apa saja yang ia pelajari dan apa yang menjadi kesulitannya dalam belajar secara online. Dengan begitu, sekalinya ada masalah atau hambatan terjadi pada anak, orangtua bisa langsung membantu sehingga proses belajar anak secara online akan berjalan secara lebih maksimal.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Setelah Melahirkan
Artikel Selanjutnya
4 Cara Menghadapi Anak yang Mengamuk tanpa Henti atau Temper Tantrum