Sukses

Parenting

Tips Melatih Keterampilan Motorik Anak

Fimela.com, Jakarta Ada perbedaan antara anak yang tumbuh di generasi dulu dan generasi saat ini, yaitu teknologi. Inilah pentingnya mengajarkan anak tentang keterampilan motorik yang baik, seperti menulis, menjahit, dan mengikat tali sepatu mereka sendiri.

Keterampilan motorik anak bisa memburuk karena teknologi. Lebih mudah bagi anak untuk memegang tablet daripada melakukan permainan membangun blok, memotong dan menempel kertas, atau menarik tali untuk pembentukan otot mereka. Selain itu, keterampilan motorik ternyata memiliki hubungan dengan keterampilan bahasa.

Pada tingkat dasar, jika seorang anak fokus pada cara menulis dan pada ketidaknyamanan fisik yang mungkin mereka rasakan, anak ini mungkin mengalami kesulitan untuk fokus mempelajari huruf dan angka. Sebagai orangtua, sangat penting untuk menjaga perspektif yang realistis tentang anak, kamu jelas tidak ingin mendorong mereka melebihi perkembangan yang ada, seperti dilansir dari sheknows.com.

 

 

1. Beri anak makanan jari

Segera setelah anak siap untuk mengonsumsi makanan padat, latihlah mereka untuk menggenggam makanan mereka sendiri.

2. Tumpukan balok dan cangkir

Balok dan cangkir sering menjadi makanan favorit pertama bagi anak. Melalui balok dan cangkir, anak mendapatkan konsep tentang ukuran. Salah satu yang harus dipelajari anak adalah mengambil mainan mereka, meletakkan, dan melepaskannya di tempat yang tepat, bukan menjatuhkannya di mana saja.

3. Memahat dengan play doh

Play doh dapat membantu membangun otot tangan anak. Kamu bisa mengajarkan tentang keterampilan motorik pada anak dengan meminta mereka membuat suatu bentuk dari play doh.

4. Cat dan warna

Pada usia yang cukup dini, anak sudah bisa diminta untuk memegang krayon agar tangan dan jari-jari mereka terkoordinasi.

5. Stempel barang

Perangko memerlukan sedikit koordinasi untuk menempelkannya di tempat yang tepat. Anak akan mendapatkan kepuasan tersendiri jika mereka bisa menempelkan gambar di tempat yang diminta.

6. Gunakan papan atau boneka

Anak juga bisa diajarkan tentang ritsleting, tombol, dan tali sepatu. Kamu bisa menempelkannya di sebuah papan atau bermainlah dengan sebuah boneka yang memiliki benda-benda tersebut.

7. Memotong bentuk

Cobalah minta anak memotong sebuah bentuk. Berikan mereka gunting dan kertas untuk melatih fokus dan gerakan tangan yang terkoordinasi. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Sederhana Mengembangkan Moral Anak Prasekolah yang Perlu Orangtua Ketahui
Artikel Selanjutnya
Sistem Sekolah Virtual, Orangtua Harus Bantu Mengasah Keterampilan 5C pada Anak