Sukses

Parenting

5 Gerakan Refleks pada Bayi yang Perlu Orangtua Ketahui

Fimela.com, Jakarta Semua orang tua dari bayi yang baru lahir harus mengetahui definisi refleks menggenggam pada bayi. Refleks menggenggam memungkinkan bayi yang baru lahir meraih jari Mom dan memegang erat-erat. Refleks ini merupakan tanda penting dari perkembangan dan fungsi sistem saraf bayi.

Selain itu, ini membantu bayi mendapatkan kontak kulit yang sangat dibutuhkan dengan orang tua dan orang-orang terkasih. Refleks menggenggam hanyalah salah satu dari banyak gerakan yang dilakukan bayi baru lahir ketika belajar menyesuaikan diri dengan dunia baru mereka di luar rahim. Berikut ini beberapa gerakan refleks yang tidak disengaja yang penting untuk perkembangan kesehatan bayi.

Refleks Moro

Jika ada suara keras atau rangsangan lingkungan lainnya, bayi akan mengulurkan lengan, kaki dan jari mereka. Gerakan ini akan hilang ketika mereka memasuki usia 3-6 bulan. Ini adalah hal yang umum terjadi pada bayi.

Sucking Reflex (Refleks Menghisap)

Jika Mom menyentuh mulut bayi dengan jari, dot, atau puting, ia akanĀ  menghisap secara naluriah. Ini dilakukan bayi ketika mereka berusia sekitar 2-3 bulan.

Rooting Relfex

Jika mengelus pipi bayi yang baru lahir, ia akan secara otomatis membuka mulutnya dan memutar kearah sisi yang dielus. Ini membuat bayi menemukan payudara atau botol untuk memulai menyusu. Kebiasaan ini akan hilang setelah bayi berusia 4 bulan.

Stepping Reflex

Saat Mom meletakkan kakinya di permukaan yang rata, bayi akan meletakkan kakinya ke permukaan yang datar. Refleks ini akan hilang ketika ia berusia sekitar 2-3 bulan.

Asymetrical Tonic Neck Reflex

Saat bayi ditidurkan, bayi akan memutar kepalanya dengan lengan dan kaki dari satu sisi direntangkan serta kaki dari satu sisi direntangkan. Lengan dan kaki lainnya akan dilenturkan. Kebiasaan ini akan hilang ketika anak berusi 3-9 bulan.

Beberapa anak mungkin tidak dapat melakukan beberapa refleks di atas. Jika Mom khawtir dengan keadaan si kecil, ada baiknya untuk menghubungi dokter.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Simak 4 Langkah Tepat Menggendong Bayi Baru Lahir
Artikel Selanjutnya
Kiat Sukses Sekolah Daring di Era New Normal