Sukses

Parenting

Simak 4 Langkah Tepat Menggendong Bayi Baru Lahir

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua baru meruapakan kebahagiaaan. Banyak hal yang dipersiapkan orangtua menjelang persalinan. Selain kebutuhan si kecil, cara menggendong bayi yang tepat juga harus dipelajari.

Hal ini agar bayi nyaman dipelukan ibu dan ayahnya. Semasa di dalam kandungan, si kecil dalam posisi yang nyaman, sehingga saat ke luar di dunia juga butuh situasi yang sama. Selain itu menggendong bayi dengan baik juga berpengaruh pada perkembangan si kecil.

Bagi kamu orangtua baru berikut empat langkah menggendong bayi baru lahir dengan tepat yang bisa kamu lakukan dan pelajari, dilansir dari situs Healthline, Selasa (14/6/2020).

1. Cuci tangan

Selalu pastikan tangan kamu bersih sebelum menggendong bayimu. Sistem kekebalan bayi masih berkembang, sehingga kuman yang dibawa bisa membuatnya sakit. Untuk itu menyabuni dan mencuci tangan air hangat bekerja dengan baik untuk melindungi bayimu. Pertimbangkan juga untuk selalu mengingatkan kepada para tamu untuk membersihkan tangan ketika ingin memeluk si kecil. Bersihkan tanganmu setiap kali sebelum memegang bayi kamu.

2. Merasa nyaman

Kenyamanan adalah salah satu hal terpenting tentang menggendong bayi. Kamu tidak hanya ingin merasa nyaman secara fisik, tetapi juga ingin merasa percaya diri saat si kecil dalam dekapanmu. Dibutuhkan sekitar lima menit untuk merasa nyaman ketika menggendong bayi. Tidak apa-apa untuk merasa sedikit panik pada awalnya. Beri waktu, dan ingatlah untuk rileks sehingga bayi juga akan merasa nyaman.

 

3. Memberikan tumpuan

Saat menggendong bayi yang baru lahir, sangat penting untuk selalu menopang kepala dan leher dengan tangan. Bagaimanapun, kepala bayi adalah bagian terberat dari tubuh mereka saat lahir. Berikan perhatian khusus pada fontanel bayi, yang merupakan titik-titik lunak di atas kepala mereka.

Bayi baru lahir tidak memiliki kontrol otot leher yang kritis untuk menjaga agar kepala mereka tetap berdiri sendiri. Hal ini biasanya dialaminya hingga mendekati bulan keempat kehidupan. Untuk itu gendong dengan memberikan tumpuan pada titik-titik yang tepat.

 

4. Tentukan posisimu

Menggendong dimulai dengan mengangkat bayi. Saat kamu mengangkat bayi, letakkan satu tangan di bawah kepala dan yang lain di bawahnya. Dari sana, angkat tubuh mereka hingga setinggi dada.

Selama kamu menopang kepala dan leher bayi, posisinya bisa dilakukan sesuai dengan keinginanmu.. Ada berbagai posisi menggendong yang bisa kamu dan bayi lakukan. Beberapa posisi ini juga bagus untuk menyusui atau bersendawa. Coba posisi menggendong yang berbeda-beda untuk melihat yang dirasa terbaik dan paling nyaman untuk kamu dan si buah hati.

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Kiat Sukses Sekolah Daring di Era New Normal
Artikel Selanjutnya
4 Cara Me-time Seorang Ibu Ketika di Rumah Saja