Sukses

Parenting

Perkembangan Menggenggam pada Anak Sesuai dengan Usia Anak

Fimela.com, Jakarta Ketika anak tumbuh, keterampilan motorik dan kemampuan kognitif mereka meningkat seiring bertambahnya usia. Meskipun anak akan mengembangkan kemampuan untuk memahami dan bermain dengan mainan tanpa bantuan orang tua. Ini juga dapat melatih keterampilan motorik dan kemampuan kognitif yang berkembang di otak melalui kegiatan dasar menggunakan mainan menggenggam. Berikut ini adalah standar keterampilan motorik dan kemampuan kognitif anak sesuai dengan usianya.

Usia 3 bulan

Di usia ini akan dapat menangkap benda yang diletakkan di tengan mereka, meskipun mereka umumnya dapat menjangkau dan mengambil benda tersebut sendiri. Pada usia ini, cukup berikan satu mainan dan biarkan mereka mengembangkan genggaman mereka.

Usia 5 Bulan

Di usia 5 bulan ini anak dapat menjangkau dan mengambil barang dengan sengaja dan mandiri. Saat ditawari mainan, anak akan menggapai maianan tersebut sembari bermainan tangan mereka. Ini adalah bukti bahwa kemampuan mereka berkembangan untuk merencanakan dan mengooridinasikan gerakan mereka.

Usia 7 Bulan

Ketika anak tumbuh dan berusia 7 bulan, mereka mampu menggenggam dengan kuat. Bahkan mereka mampu menggunakan ibu jari mereka untuk menekan benda ke telapak tangan mereka. Ketajaman dan persepsi visual membuat bayi mampu memanipulasi objek di tangan mereka. Berikan mainan sesuai dengan usia mereka dan ajak mereka aktif mengobrol saat bermain.

Usia 9 Bulan

Mereka sekarang telah menguasai kemampuan untuk mengambil dan memegang objek di tangan mereka. Anak menunjukkan kelincahan otot yang meningkat dan dapat mulai memproses begaimana perilaku mereka. Cobalah untuk memberikan mainan yang mendorong anak untuk memecahkan masalah seperti balok dengan barbagai bentuk.

Usia 11 Bulan

Pada usia ini akan memiliki kemampuan menggenggam, bahkan mereka memiliki kemampuan untuk melempar mainan kepada si kecil. Berikan mainan sederhana yang dapat mereka genggam dan dilempar yang lebih aman.

Bermain adalah kegiatan yang baik untuk si kecil, karena ini dapat melatih keterampilan motorik dan kemampuan kognitif pada anak. Jadi jangan terlalu khawatir tentang mereka ya Mom.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Kate Middleton Dampingi Anak-Anaknya Selama Pembelajaran Daring
Artikel Selanjutnya
Makanan Ibu Hamil untuk Menambah Berat Badan Janin