Sukses

Parenting

Pentingnya Membangun Kebisaan Digital yang Aman dengan Internet dalam Keluarga

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang keluarga, tidak hanya tentang bagaimana mendidik anak atau menjadi orangtua yang baik, namun juga aspek yang lebih luas lagi, seperti membangun kebiasaan digital yang baik pada anak. Menyambut Hari Anak Nasional, Google Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, serta Yayasan Sejiwa untuk menyelenggarakan acara "Tangkas Berinternet: Membantu Keluarga Mempraktikkan Keamanan Berinternet dan Membangun Kebiasaan Digital yang Baik."

Tangkas Berinternet adalah program global literasi digital dan keamanan online yang dijalankan oleh Google untuk meningkatkan keamanan berinternet anak. Program ini mmemuat beberapa materi ajar untuk guru dan orangtua, situs terkait literasi digital, dan permainan berbasis web.

Internet dan perangkat online dapat mempermudah proses penyesuaian aktivitas sehari-hari di era new normal ini. Sayangnya, ini tidak mudah, karena selain menjadi sarana belajar, bermain, dan bersosialisasi bagi anak, internet juga meningkatkan risiko malware, upaya phising, dan spam.

 

Google membantu anak agar dapat membangun kebiasaan digital yang lebih baik

Inilah yang kemudian menjadi fokus Google untuk terus mengembangkan alat dan program bagi keluarga agar dapat menerapkan kebiasaan digital yang lebih aman. Contohnya dengan Family Link agar orangtua dapat mengawasi anak mereka dalam menggunakan internet.

Sebagai orangtua, kamu juga bisa memanfaatkan fitur SafeSearch di Google dan Mode Terbatas di YouTube untuk membantu menyaring konten di hasil pencarian. Google juga menyediakan beberapa fitur dan aplikasi berisi konten mendidik bagi anak.

Tab Keluarga (Family) di Google Play mengumpulkan aplikasi yang telah diberi label rating konten aplikasi dan permainan guna membantu memahami tingkat kedewasaan konten aplikasi tersebut. Sedangkan fitur Kontrol Orang Tua (Parental Controls) dapat membatasi jenis konten yang didownload atau diberi label dari Google Play berdasarkan tingkat kedewasaan.

Selain itu, ada juga YouTube Kids yang didesain untuk anak. Selamat Hari Anak Nasional!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Perkembangan Menggenggam pada Anak Sesuai dengan Usia Anak
Artikel Selanjutnya
Cara Kate Middleton Dampingi Anak-Anaknya Selama Pembelajaran Daring