Sukses

Parenting

Pentingnya Deteksi Dini Gangguan Kesehatan Mental pada Anak Melalui Konsultasi Daring

Fimela.com, Jakarta Gangguan kesehatan mental bukan hanya masalah yang terjadi pada orang dewasa, namun juga anak. Memperingati Hari Anak Nasional, platorm penyedia layanan kesehatan berbasis digital Halodoc memperkenalkan layanan konsultasi secara daring.

Menggandeng Ikatan Psikolog Klinis Indonesia atau IPK Indonesia, Halodoc juga memberikan edukasi yang bertujuan mengajak orangtua lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan mental anak. Edukasi ini didasarkan pada berbagai statistik yang semakin marak menunjukkan gangguan kesehatan mental pada anak, khususnya di usia remaja.

Menurut Riskesdas tahun 2018, di Indonesia, prevalensi gangguan kesehatan mental pada anak remaja usia di atas 15 tahun meningkat menjadi 9,8% dari angka sebelumnya, yaitu 6% di tahun 2013. WHO juga mencatat ada 15% anak remaja di negara berkembang pernah berpikiran untuk bunuh diri, di mana bunuh diri adalah penyebab kematian terbesar ketiga di dunia untuk kelompok anak berusia 15 sampai 19 tahun.

 

Halodoc menyediakan layanan konsultasi daring untuk menjaga kesehatan mental anak

Kesehatan mental pada anak akan menunjang kehidupan mereka saat dewasa, karena adanya gangguan dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk perilaku, emosional, sosial, perkembangan, belajar, makan, kesehatan, hingga relasi dengan orangtua. Sayangnya, tidak seperti gangguan kesehatan lainnya, gangguan kesehatan mental pada anak cenderung lebih sulit dilihat.

Inilah pentingnya peranan orangtua untuk lebih peka terhadap perubahan perilaku anak dan memberikan penanganan sejak dini. Selain itu, anak juga harus diberi pemahaman bahwa isu tentang gangguan kesehatan mental yang mereka alami, tidak perlu membuat mereka merasa malu dan bingung.

Berangkat dari fokus inilah, Halodoc bekerjasama dengan IPK Indonesia untuk menghadirkan layanan konsultasi kejiwaan bagi pengguna Halodoc. Sebanyak 200 psikolog klinis IPK Indonesia telah resmi bisa kamu temui melalui layanan Halodoc, sehingga saat ini, Halodoc memiliki total 700 psikolog klinis dan psikiater. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Hari Anak Nasional, Kenali 5 Tanda-tanda Anak Tumbuh dengan Bahagia
Artikel Selanjutnya
Aktivitas Virtual Hingga Berbagai Masker di Hari Anak Nasional