Sukses

Parenting

5 Makanan yang Berkhasiat Menambah Tinggi Badan Anak

Selain gen dan keturunan, faktor yang memengaruhi tinggi badan anak ialah asupan yang diberikan sejak kecil. Bagi orangtua yang ingin anaknya dapat tumbuh dan memiliki postur tubuh yang tinggi maka sang anak harus diberi asupan yang dapat membantu menambah tinggi badannya.

Selain susu yang kaya akan kalsium dan latihan olahraga tertentu sejak kecil, ada banyak makanan sehat yang juga bisa membantunya menambah tinggi badan. Pasalnya, asupan makanan yang diberikan pada anak sejak ia masih kecil memiliki dampak yang luar biasa untuk pertumbuhan tubuhnya, maka dari itu orangtua harus selektif untuk memilih makanan anak.

Memiliki postur tubuh yang tinggi dianggap ideal dan semua orangtua pasti menginginkan hal tersebut ada pada diri anaknya. Dengan tubuh yang tinggi, sang anak pasti akan lebih mudah dalam menggapai impian dan prestasinya. Bukan mengerdilkan anak yang bertubuh mungil, hanya saja memiliki tubuh yang tinggi bisa menjadi nilai tambah yang akan berpengaruh pada hidupnya kelak ketika dewasa.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan berbagi informasi 5 makanan yang berkhasit menambah tinggi badan anak. Informasi ini tentunya bisa menjadi rujukan bagi orangtua untuk memilih asupan makanan sehat agar tumbuh kembang anak semakin optimal. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mengonsumsi Telur

Makanan pertama yang berkhasiat menambah tinggi badan anak ialah telur. Selain sebagai sumber protein, ternyata telur juga berkhasiat untuk menambah tinggi badan anak. Hal ini karena selain kaya akan protein, telur juga mengandung kalsium, vitamin B12, dan riboflavin yang akan membuat tinggi badan anak bertambah.

Momen pertumbuhan tinggi badan yang baik terjadi saat usia 6 sampai 8 bulan, usahakan pada usia tersebut anak mulai dibiasakan untuk mengonsumsi telur. Selain dapat menambah tinggi badan, telur juga bisa membantu pertumbuhan jaringan tubuh dan otot anak. Jika khawatir dengan lemaknya, telur bisa dimasak dengan cara direbus atau menggunakan sedikit minyak goreng saja.

Mengonsumsi Kacang Kedelai

Berikutnya, makanan yang juga bisa berkhasiat menambah tinggi badan ialah kacang kedelai. Kacang kedelai juga termasuk sumber protein nabati yang memiliki peranan penting untuk mempercepat pertumbuhan anak. Kacang kedelai kaya akan protein, folat, vitamin, karbohidrat, dan serat yang baik untuk perkembangan tulang dan jaringan otot pada anak.

Untuk mensiasati agar anak suka mengonsumsi kacang kedelai, hidangkan kacang kedelai dalam bentuk susu soya, tempe, ataupun tahu. Hidangan tersebut tentu lebih diterima anak dibandingkan dengan mengonsumsinya secara langsung.

Mengonsumsi Buah dan Sayur

Selanjutnya, makanan yang juga berkhasiat menambah tinggi badan anak ialah buah dan sayur. Buah dan sayur memang asupan wajib bagi setiap anak karena buah dan sayur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk perkembangan tubuh, terutama untuk menambah tinggi badan.

Sumber vitamin seperti vitamin K, vitamin B, vitamin A banyak ditemui di buah dan sayur. Kandungan lainnya seperti zat besi dan magnesium juga bermanfaat untuk menambah tinggi badan anak. Beberapa sayuran yang bisa direkomendasikan adalah brokoli, bayam, kembang kol, kangkung, wortel dan bit.

Buah-buahan juga tak kalah penting untuk membantu menambah tinggi anak karena memiliki vitamin dan antioksidan yang tinggi. Beberapa buah-buahan yang direkomendasikan untuk meningkatkan tinggi anak adalah jeruk, semangka, jambu biji, kiwi, dan buah naga.

Mengonsumsi Daging Ikan

Makanan keempat yang berkhasiat menambah tinggi badan anak ialah daging ikan. Dibandingkan dengan daging ayam dan sapi, daging ikan memiliki lebih banyak gizi baik yang sangat berguna untuk menambah tinggi badan anak. Adapun ikan yang direkomendasikan untuk menambah tinggi badan ialah ikan salmon dan tuna.

Ikan salmon dan tuna mengandung banyak vitamin D yang bermanfaat untuk menambah tinggi badan anak. Vitamin D merupakan vitamin yang sangat diperlukan untuk perkembangan tulang. Sedangkan, asam lemak omega 3 dalam ikan sangat baik untuk membantu perkembangan otak anak.

Keju dan Yoghurt

Terakhir, makanan yang berkhasiat menambah tinggi badan dan perlu dikonsumsi oleh anak ialah yoghurt dan keju. Bahan dasar yoghurt dan keju alah susu sehingga keduanya memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi untuk mendukung pertumbuhan tulang anak.

Jika tidak nyaman dimakan langsung, keju dan yoghurt bisa dihidangkan menjadi makanan olahan yang lezat dan disenangi oleh anak. Selain kalsium, keju dan yoghurt juga mengandung vitamin A, B, D, E, serta protein. Oleh karena itu, tumbuh kembang anak akan optimal jika mereka hobi mengonsumsi keju dan yoghurt.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mengajak Remaja Menggunakan Platform Digital dengan Bijak
Artikel Selanjutnya
Hari Anak Nasional, Penuhi Asupan Air Minum untuk Perkembangan Kognitif Si Kecil